5 Tips Supaya Tubuh Tetap Bugar Meski Kerja Lembur

Sudah menjadi resiko karyawan apabila kerja lembur, lembur merupakan jam kerja tambahan yang mendapatkan uang tambahan pula tergantung lamanya lembur. Dengan kerja lembur seorang karyawan mendapatkan gaji lebih sehingga memiliki kehidupan yang lebih baik. Tetapi jangan lupa untuk menjaga kesehatan tubuh anda, karena biasanya lembur  membutuhkan tenaga, konsentrasi dan waktu yang ekstra. Maka dari itu sangat penting untuk menjaga kesehatan anda. Berikut adalah langkah-langkah supaya memiliki tubuh yang bugar meski sering lembur:

1.Memiliki waktu tidur yang cukup
Meski kerja lembur memotong waktu anda, maka yang harus utamakan adalah waktu tidur anda bagaimanapun juga tubuh memerlukan waktu istirahat yang cukup. Setidaknya tidur 7 jam supaya anda memiliki tubuh yang bugar sehingga mampu menjalani aktifitas sehari-hari. Tanpa memiliki waktu tidur yang cukup maka anda akan selalu menguap dan cepat letih.



2.Cukupi Kebutuhan nutrisi tubuh
Selain kurangnya tidur yang membuat seseorang mudah capek dan sakit ketika kerja lembur maka yang perlu diperhatikan adalah memenuhi kebutuhan nutrisi anda. Penuhilah kebutuhan nutrisi dengan cara mengkonsumsi banyak makanan bergizi. Makan bergizi asupan protein ini seperti makan ayam dan  makan kacang-kacangan yang kaya akan protein. Selain itu jangan terlalu banyak makan-makanan yang mengandung karbohidrat sehingga membuat anda mudah mengantuk.

3.Hindari minum kopi yang berlebihan
Bagi pekerja yang lembur minum kopi adalah menjadi andalan supaya tetap focus untuk bekerja. Tetapi minum kopi secara berlebihan tidak baik terhadap kesehatan lambung anda terutama yang lambungnya sangat sensitive.

4.Hindari rokok
Banyak beranggapan bahwa jika kerja lembur supaya lebih semangat dan fokus adalah merokok. Padahal merokok meningkatkan resiko stress akibat nikotin dalam kandungan rokok, selain itu radang tenggorokan dan radang yang lainnya yang diakibatkan oleh rokok malah menggangu kesehatan anda.

5.Penuhi kebutuhan cairan tubuh
Meskipun anda lembur jangan lupa untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh anda supaya tetap focus dan terhindar dari dehidrasi. Minum air putih maupun mineral dalam botol yang cukup supaya tubuh tetap siap untuk menghadapi lembur.

Itulah 5 hal yang harus dipatuhi supaya badan tetap bugar meski selalu mendapatkan jatah lembur.