5 Hal yang Dapat Mencegah Asam Urat

5 Hal yang Dapat Mencegah Asam Urat-Asam urat memang tidak menyenangkan namanya juga penyakit pasti membuat tubuh terasa sakit. Asam urat terjadi karena konsumsi berlebihan zat purin. Purin dalam tubuh menjadi asam urat apabila ginjal tidak dapat mampu lagi mengelolanya sehingga tidak bisa dikeluarkan melalui urin. Hal ini pada gilirannya memungkinkan akumulasi asam urat dalam sendi. Jika akumulasi ini terjadi, maka sendipun menyakitkan, meradang, dan bengkak. Oleh karena itu, kita harus kontrol  kadar asam urat dalam tubuh kita.

Tingkat kontrol asam urat sebenarnya tidak terlalu sulit, dan itu bisa dimulai dari perubahan gaya hidup yang sehat. Ada beberapa tips sederhana untuk mengontrol asam urat dalam tubuh, beberapa di antaranya adalah:

1. Minum banyak air
Mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh sangat penting selain bisa menjaga konsentrasi dan mencegah dehidrasi. Mencukupi kebutuhan cairan juga dapat mencegah asam urat. Asam urat mudah untuk keluar melalui urine, jika Anda meningkatkan konsumsi air. Pastikan kebutuhan sehari-hari cairan Anda ditangani dengan benar. Cukupilah kebutuhan air dalam tubuh karena dapat memberikan dampak yang baik bagi tubuh.

5 Hal yang Dapat Mencegah Asam Urat

2. Makan banyak serat
Menurut beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa makanan kaya serat dapat mengontrol asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips untuk makan makanan kaya serat, seperti sayuran yang dapat mempertahankan kadar asam urat yang normal dalam tubuh.

3. Memasak dengan minyak zaitun
Dibandingkan dengan minyak lainnya, minyak zaitun mengandung asam lemak yang lebih rendah. Oleh karena itu, sebaiknya tidak menggunakan minyak goreng biasa dan gantilah dengan minyak zaitun saat memasak.

4. Hindari makanan bergula
Permen memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, yang dapat meningkatkan asam urat dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menghindari atau mengurangi kadar gula tinggi dengan mengkonsumsi makanan yang mendukung lebih banyak makanan sehat, seperti buah-buahan.


5. Tingkatkan asupan vitamin C
Vitamin C merupakan vitamin yang dapat mengontrol asam urat dalam tubuh Anda. Mengkonsumsi setidaknya 500 miligram vitamin C sehari dapat membuat tubuh lebih sehat dan mengurangi risiko asam urat

Semoga dengan 5 hal diatas dapat mencegah asam urat dalam tubuh anda, sehingga asam urat tidak menghalangi segala aktifitas anda.