5 Akibat Kekurangan Protein

5 Akibat Kekurangan Protein-Selain karbohidrat dan vitamin, tubuh juga membutuhkan yang namanya protein. Protein merupakan komponen penting dari tubuh manusia. Organ, otot, saraf dan sistem kekebalan tubuh, sampai batas tertentu, terdiri dari protein. Karena begitu pentingna protein maka jangan sampai kekurangan asupan protein. Apabila kekurangan asupan protein akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh. Maka dari penuhilah kebutuhan protein dalam tubuh dengan mengkonsumsi telur, biji-bijian maupun kacang-kacangan.

Berikut adalah beberapa dampak yang ditimbulkan akibat kekurangan protein:

1. Kelelahan
Kekurangan protein dapat mempengaruhi kesehatan Anda. Hal ini disebabkan energi yang rendah. Protein membantu menstabilkan kadar gula darah. Kekurangan protein akan mengurangi ketajaman mental Anda sehingga menghambat kemampuan reaksi. Jadi jika Anda sering merasa lelah, kekurangan energi, bisa jadi tubuh Anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup.

5 Akibat Kekurangan Protein


2. Rambut menipis
Sementara genetika dapat menjadi faktor kunci dalam penipisan rambut, kurangnya protein juga bisa menjadi penyebab. Ketika kita tidak mendapatkan cukup protein, tubuh masuk ke "modus hemat energi" dan menghentikan pengiriman protein berharga untuk menyuburkan rambut dan kuku. Itulah mengapa rambut dan kesehatan kuku, dapat memberikan sinyal kepada Anda, indikator penting dari apakah atau tidak jika tubuh kekurangan protein.

3. Mata bengkak
Kekurangan protein dapat mengurangi jumlah darah, yang akan menurunkan jumlah protein plasma yang disebut kondisi edema. Mengurangi protein plasma dapat menyebabkan hati tidak memiliki jumlah yang cukup zat besi. Jika kekurangan zat besi maka menurunkan produksi hemoglobin, sehingga anemia dan pembengkakan mata dapat terjadi.

4. Mengurangi ukuran otot
Kekurangan protein dapat menyebabkan ukuran otot berkurang. Sehingga apabila anda kekurangan protein maka bentuk tubuh kurang menarik, karena memiliki otot yang kecil. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan cukup protein dari asupan makanan sehari-hari, maka otot-otot akan mengorbankan jaringan mereka sendiri.


5. Mudah terkena penyakit
Jika Anda sering menderita sakit, mungkin bahwa Anda tidak mendapatkan asupan protein yang cukup. Protein adalah kunci, untuk mendapatkan sistem kekebalan yang kuat dalam tubuh. Protein membantu membuat sel darah merah, sel darah putih dan antibodi, semua ini bersama-sama untuk melawan bakteri, virus dan patogen lainnya sehingga menjadi landasan penting dalam tubuh.

Demikian 5 akibat apabila anda kekurangan protein, semoga dengan mengetahui 5 hal tersebut anda lebih memperhatikan asupan protein yang dibutuhkan tubuh. Sehingga mendapatkan tubuh yang sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal