7 Manfaat Semangka Bagi Tubuh

7 Manfaat Semangka Bagi Tubuh-Semangka yang memiliki warna daging merah dengan rasanya yang segar dan manis, semangka disebut juga memberikan banyak manfaat bagi kesehatan. Semangka adalah buah atau makanan yang kaya nutrisi yang mengandung berbagai vitamin, mineral, dan tinggi antioksidan dan rendah kalori. Semangka juga mengandung tiamin, riboflavin, niasin, B-6, asam folat, asam pantotenat, vitamin magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, selenium, kolin, lycopene dan betaine. Semangka kaya akan lycopene dibandingkan buah atau sayuran lainnya.

Banyak penelitian telah membuktikan bahwa mengkonsumsi semangka memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh, berikut adalah manfaat semangka untuk kesehatan tubuh:

1.Tekanan darah
Sebuah studi yang diterbitkan oleh American Journal of Hypertension menemukan bahwa suplementasi ekstrak semangka dapat mengurangi hipertensi pada tubuh seseorang. Bahkan semangka dapat memperlancar pembuluh darah dalam tubuh sehingga makanan yang kaya lycopene, seperti semangka juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

7 Manfaat Semangka Bagi Tubuh


2. Kanker
Vitamin C kaya akan antioksidan, sehingga semangka dapat membantu melawan kanker diketahui bahwa semangka melawan pembentukan radikal bebas. Asupan likopen telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker prostat pada beberapa studi.

3. Mencegah Sembelit
Semangka mengandung banyak air dan serat, dapat membantu mencegah sembelit dan membuat saluran pencernaan menjadi sehat.

4. Mencegah Dehidrasi
Air 92% dan penuh elektrolit penting bagi tubuh, semangka adalah makanan ringan yang baik ketika cuaca panas untuk mencegah dehidrasi.

5. Mengurangi peradangan
Kolin merupakan nutrisi yang sangat penting, semangka yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kolin juga membantu untuk mempertahankan struktur membran sel, membantu transmisi impuls saraf, membantu penyerapan lemak, dan mengurangi peradangan.

6. Meringankan Nyeri otot
Semangka dan jus semangka telah terbukti mengurangi nyeri otot sehingga atlet olahraga sering mengkonsumsinya keetika waktu pemulihan cidera. Para peneliti percaya bahwa kandungan asam amino L-citruline yang terkandung dalam semangka yang berperan penting untuk meringankan nyeri otot.


7. Menjaga kesehatan Kulit
Semangka juga baik untuk kulit, karena mengandung vitamin A, yang diperlukan untuk produksi sebum, sehingga melembabkan dan memelihara rambut. Vitamin A juga dibutuhkan untuk seluruh jaringan tubuh, termasuk pertumbuhan kulit dan rambut.

Demikian 7 manfaat semangka bagi tubuh, semoga dengan mengkonsumsinya secara rutin bisa mendapatkan manfaat tersebut.