7 Makanan Pencegah Perut Kembung

7 Makanan Pencegah Perut Kembung-Kebanyakan orang pernah mengalami kembung. Penyebab perut kembung atau begah  banyak hal, salah satunya adalah makanan, terutama junk food dan makanan yang mengandung banyak gula. "Gula dapat membuat bakteri makan (gula) di dalam usus. Bila makan yang mengandung gula yang banyak, itu akan menghasilkan gas dengan kadar yang tinggi," kata juru bicara raja gizi kuliah Christie dan diabetes. Untuk menghindari kembung, sebaiknya Anda memilih dan mengonsumsi makanan atau minuman, berikut adalah makanan yang dapat mencegah perut kembung:

1. Buah-buahan dan sayuran
Keduanya mengandung serat yang tinggi dan memeberikan dampak yang baik bagi pencernaan. Serat juga berperan membuat  peregerakan usus menjadi lebih teratur. Namun, ada beberapa sayuran berisi karbohidrat rafinosa dan sulfur, seperti tauge, brokoli, kubis, di mana sayuran bisa membuat perut kembung.

7 Makanan Pencegah Perut Kembung

2. Gandum dan beras merah
Gandum dan beras juga memiliki kandungan serat yang tinggi, makanan kesehatan pencernaan yang baik, sehingga dapat mencegah perut kembung, sembelit, gangguan pencernaan, dan kadar kolesterol lebih rendah.

3. Pisang
Pisang, termasuk yang dapat memberikan manfaat terhadap  pencernaan, karena tidak menyebabkan rangsangan makanan di perut. Pisang mengandung magnesium dan kalium membantu mencegah perut kembung. Mereka juga cenderung untuk mengurangi kadar natrium dalam perut.

4. Air
Minum banyak air dapat mempromosikan ke saluran makanan pencernaan Anda. Selain itu, salah satu alasan adalah kurangnya asupan air dapat menyebabkan kembung. Minum beberapa gelas air membantu untuk menjaga keseimbangan natrium dalam tubuh.

5. Jahe
Jahe dan rempah-rempah lainnya seperti lada membantu meredakan perut kembung. Minum jahe dapat membuat perut terasa lebih nyaman.


6. Makanan prebiotik
Lentil, bawang serat, asparagus mengandung bermanfaat dalam saluran pencernaan, yang membantu menjaga kesehatan pencernaan Anda  dengan "bakteri baik."

7. Makanan probiotik 
Makanan probiotik mengandung bakteri baik yang dapat membantu kesehatan pencernaan. Mengkonsumsi buah dan yoghurt bisa menjadi makanan ringan sehat dan lezat yang bermanfaat bagi kesehatan pencernaan.

Demikian 7 makanan pencegah perut kembung, semoga dengan mengkonsumsi makanan tersebut bisa terhindar dari perut kembung atau begah. semoga bermanfaat.