7 Makanan Busuk yang Menyehatkan

7 Makanan Busuk yang Menyehatkan- Makanan busuk pada umumnya cepat dibuang. Selain itu, makanan busuk atau basi tidak baik untuk tubuh, terutama menjadi sumber berbagai penyakit. Makanan yang biasanya busuk terurai oleh bakteri atau organisme pengurai. Tidak sesekali makanan busuk terdapat belatungnya. Namun, tidak semua makanan busuk harus dibuang. Ada makanan busuk, yang bisa dimakan. Bahkan, ada yang benar-benar dibuat busuk untuk dikonsumsi. Makanan yng busuk dibuat dengan cara fermentasi . Hal ini karena kandungan gizi makanan yang menyebabkan fermentasi lebih baik dari segar.

Tak semua makanan segar bisa difermentasi. Biasanya makanan yang bisa difermentasi adalah jenis sayuran tertentu atau biji-bijian. Makan hasil fermentasi yang menjadi busuk ini biasanya menjadi makanan khas di suatu negara, termasuk dari Indonesia. Berikut adalah tujuh makanan busuk hasil fermentasi yang dikutip dari Boldsky dan Wikipedia:

1. Kimchi
Kimchi adalah makanan tradisional Korea, rasa difermentasi acar pedas. Setelah asin dan dibersihkan, berpengalaman campuran sayuran dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe, merica bubuk bahan merah. Yang paling umum sayuran kubis dan lobak acar dibuat. Makanan busuk ini memiliki rasa yang unik. Makanan ini kubis cincang dekat dan campuran asin dan pedas. Kubis disimpan dalam botol tertutup beberapa hari sebelum makan.

7 Makanan Busuk yang Menyehatkan

2. yoghurt
Kefir adalah minuman susu fermentasi dari masa depan yang dibuat di Kaukasus. Eropa Timur dan Asia Barat Kaukasus Laut Hitam dan Laut Kaspia, termasuk wilayah Kaukasus dan daerah dataran rendah lainnya. Kaukasus kadang dianggap sebagai bagian dari Asia Tengah.Cara pembuatannya adalah dengan memasukkan butiran kefir ke dalam susu sapi, kambing, atau domba. Makanan busuk ini sehat bagi lambung, karena membantu dalam mencegah gangguan pencernaan dan masalah yang terkait dengan lambung.

3. Tempe
Tempe adalah beberapa jenis Rhizopus dari kedelai atau beberapa bahan lain, seperti Rhizopus oligosporus, Rh. oryzae, Rh. stolonifer (kapang roti), atau Rh. arrhizus. Tempe kaya akan serat makanan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Berbagai macam konten kedelai memiliki nilai obat, seperti antibiotik untuk mengobati infeksi dan antioksidan pencegah penyakit degeneratif.

4. Acar
Acar adalah makanan acar, cuka dan garam penggunaan air. Biasanya dibuat acar mentimun, paprika, bawang, tomat, dan sebagainya. Acar secara umum sebagai makanan pelengkap, makan makanan pembuka. Di berbagai belahan dunia memiliki varian acar sendiri. Ini adalah makanan, baik untuk ibu hamil, karena membantu untuk mengontrol mual di pagi hari.

5. Miso
Miso adalah bahan makanan Jepang dari kedelai, beras, atau campuran keduanya fermentasi yang terbuat dari garam. Kapang yang digunakan untuk fermentasi adalah Aspergillus oryzae . Miso digunakan sebagai bumbu masak untuk berbagai jenis makanan Jepang. Miso antara lain merupakan sumber protein, vitamin B-12, vitamin B-2, vitamin E, dan isoflavon.

6. sauerkraut (asinan kubis)
Sauerkraut adalah makanan Jerman. Robek kubis dari berbagai bakteri asam laktat, seperti Leuconostoc,  Lactobacillus.  Jika Anda menderita masalah pencernaan, ini adalah salah satu makanan yang baik dari obat rumahan.


7. keju
Keju adalah sebuah makanan yang dihasilkan dengan memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim tertentu yang disebut rennet. Keju memiliki hampir semua kandungan nutrisi pada susu, seperti protein, vitamin, mineral, kalsium, dan fosfor namun juga lemak dan kolesterol yang dapat menyebabkan masalah kesehatan apabila dikonsumsi secara berlebihan.

Demikian 7 makanan busuk yang bermanfaat bagi tubuh, semoga bermanfaat