8 Makanan Terbaik Yang Harus Dikonsumsi Setiap Ibu Hamil

8 Makanan Terbaik Yang Harus Dikonsumsi Setiap Ibu Hamil

Pengaturan teladan makan sangatlah penting untuk memelihara gizi yang sehat selama kehamilan. ini yaitu waktu yang diharapkan tubuh untuk tambahan nutrisi, vitamin dan mineral. bahkan, anda perlu 350-500 ekstra kalori setiap harinya selama trimester 2 dan 3. pola makanan yang tidak memiliki nutrisi penting akan berdampak negatif yang dapat mensugesti perkembangan bayi.
Kebiasaan teladan makan yang tidak sehat dan berat tubuh berlebihan ini juga dapat meningkatkan risiko diabetes gestational atau kelahiran komplikasi.

Untuk anda memilih sehat, cukup anda cantumkan makanan bergizi yang membantu untuk memastikan kesehatan anda dan bayi anda. hal ini juga akan membuat lebih mudah untuk menurunkan berat tubuh selama kehamilan setelah anda melahirkan.
Berikut yaitu 8 makanan bergizi yang harus anda makan dikala anda sedang hamil.

1. Produk Susu
Selama kehamilan, anda perlu mengkonsumsi protein tambahan dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan janin. produk susu mengandung dua jenis protein yang berkualitas tinggi yaitu kasein dan whey.
Susu yaitu yang terbaik sumber makanan kalsium, dan ia menyediakan jumlah tinggi fosfor, banyak sekali vitamin B, magnesium dan seng. produk olahan susu, terutama yoghurt ini yaitu pilihan yang cocok untuk wanita hamil.

2. Kacang-kacangan
Kacang-kacangan merupakan sumber nabati yang sangat baik dari serat, protein, zat besi, asam folat (B9) dan kalsium, yang semua ini tubuh membutuhkan banyak untuk selama kehamilan.
Kelompok makanan ini termasuk lentil, kacang polong, kacang-kacangan, buncis, kedelai dan kacang tanah.

Folat merupakan salah satu vitamin B (B9). hal ini sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin, terutama selama trimester pertama. Ini dapat mengurangi risiko beberapa cacat kelahiran dan penyakit.

3. Ubi Jalar
Ubi jalar sangat kaya akan beta-karoten, senyawa tanaman yang diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Vitamin A penting untuk pertumbuhan, serta untuk diferensiasi sebagian sel dan jaringan. hal ini sangat penting untuk perkembangan janin yang sehat.
Namun, mereka juga disarankan untuk menghindari jumlah yang sangat tinggi dari sumber hewani vitamin A, yang dapat mengakibatkan keracunan bila dimakan berlebihan.

Oleh alasannya yaitu itu, beta-karoten merupakan sumber yang sangat penting dari vitamin A untuk wanita hamil.
Selanjutnya, ubi jalar mengandung serat, yang dapat meningkatkan kesempurnaan, mengurangi lonjakan gula darah dan meningkatkan kesehatan pencernaan dan mobilitas.

4. Telur
Telur yaitu makanan kesehatan utama, alasannya yaitu ia mengandung sedikit hampir seluruh nutrisi yang anda butuhkan. sebuah telur besar mengandung 77 kalori, serta berkualitas tinggi protein dan lemak. hal ini juga mengandung banyak vitamin dan mineral. Telur yaitu sumber kolin. Kolin sangat penting untuk banyak proses dalam tubuh, termasuk perkembangan otak dan kesehatan.

5. Minyak Ikan
Minyak ikan sangat kaya akan asam lemak omega-3 EPA dan DHA, ini penting untuk otak janin dan pengembangan mata. minyak ikan juga sangat tinggi vitamin D, Ini mungkin sangat bermanfaat bagi mereka yang tidak teratur makan makanan laut atau komplemen dengan omega-3 atau vitamin D.

Vitamin D rendah ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko preeklampsia. komplikasi yang berbahaya ini ditandai dengan tekanan darah tinggi, pembengkakan tangan dan kaki, dan protein dalam urin.
Mengkonsumsi minyak ikan selama awal kehamilan ini telah dikaitkan dengan berat tubuh bayi lahir yang lebih tinggi dan risiko yang lebih rendah dari penyakit di kemudian hari untuk sang bayi.

6. Berry
Berry yang dikemas dengan air, karbohidrat yang sehat, vitamin C, serat dan senyawa tanaman. mereka umumnya mengandung jumlah tinggi vitamin C, yang membantu tubuh menyerap zat besi.
Vitamin C juga penting untuk kesehatan kulit dan fungsi kekebalan tubuh. Berry memiliki relatif rendah nilai indeks glikemik, sehingga mereka tidak akan mengakibatkan lonjakan besar dalam gula darah.
Berry juga camilan besar alasannya yaitu mengandung air dan serat. mereka menunjukkan banyak rasa dan gizi, tetapi dengan relatif sedikit kalori.

7. Biji-bijian
Biji-bijian merupakan sumber penting dari energi dalam teladan makan, dan mereka juga menyediakan serat, zat besi dan vitamin B. sebaiknya wanita hamil setengah dari pilihan karbohidrat setiap harinya harus mengambil dari biji-bijian, menyerupai oatmeal, pasta gandum atau roti dan beras merah.

8. Air
Selama kehamilan, jumlah darah meningkat hingga 1,5 liter. oleh alasannya yaitu itu, penting untuk anda tetap terhidrasi. Janin biasanya menerima segala sesuatu yang dibutuhkan, tetapi bila anda tidak mencukupi asupan air, anda mungkin mengalami dehidrasi.

Gejala dehidrasi ringan termasuk sakit kepala, kecemasan, kelelahan, suasana hati yang buruk dan menurunnya ingatan. selanjutnya, meningkatkan asupan air dapat membantu meringankan sembelit dan mengurangi risiko infeksi jalan masuk kemih, yang ini umum selama kehamilan.

Oleh alasannya yaitu itu, anda harus minum sekitar 1-2 liter setiap hari. hanya perlu diingat bahwa anda juga menerima air dari makanan lain dan minuman, menyerupai buah dan sayuran.
Anda harus selalu minum air dikala anda haus, dan minum hingga anda telah memuaskan dahaga anda.