Cara Alami Mengatasi Nyeri Saat Haid Menstruasi Dengan Cepat

Cara mengatasi nyeri haid secara alami - Memang tak dapat dielakkan bagi seorang wanita normal pada masa suburnya yang sudah memasuki usia pubertas mengalami namanya haid atau menstruasi. Namun, terkadang tamu yang datangnya setiap bulannya ini menawarkan rasa nyeri yang sangat dan cukup mengganggu kegiatan keseharian.

Kenapa rasa nyeri dapat dirasakan ? Hal ini dikarenakan kegiatan dinding rahim yang berkontraksi sehingga pembuluh darah terjepit dan menyebabkan timbulnya iskemi jaringan. Untuk mengatasi duduk perkara ini, ada cara alami yang dapat anda lakukan ketika menstruasi datang. Ikuti tips berikut ini :

1. Air Hangat
Jika rasa sakit tak tertahankan, anda dapat melaksanakan kompres dengan menggunakan air hangat pada perut episode bawah yang terasa nyeri. Kompres dilakukan dengan menempatkan botol atau kantong plastik yang diisi dengan air hangat di dalamnya atau dapat juga menggunakan handuk yang dibasahi air hangat, disertai dengan pijatan lembut pada tempat yang menyakitkan. Tindakan bertujuan untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membuat otot-otot di sekitar perut lebih kalem sehingga nyeri dapat dikurangi.

2. Zat Besi
Selama masa menstruasi, wanita akan rentan terhadap anemia atau kekurangan sel darah merah. Itu sebabnya mengkonsumsi makanan yang kaya zat besi sangat direkomendasikan untuk wanita yang sedang menstruasi.

Memang

Diantaranya makanan yang mengandung tinggi zat besi yakni bayam, daun singkong, kacang-kacangan, ubi jalar, hati ayam, dan banyak lagi. Selain makanan tinggi zat besi, makan buah-buahan dan minum banyak air juga akan membantu badan lebih segar dan menghindari dehidrasi. Hindari minuman ringan, es, dan kopi, karena hanya akan memperburuk keluhan yang anda alami.

3. Kunyit
Tanaman ini sangat terkenal akan khasiat dan manfaatnya termasuk untuk mengatasi rasa nyeri ketika haid datang. Dengan mudahnya anda dapat menemukan kunyit menyerupai yang sudah dibuat dalam ramuan jamu tradisional kunyit asam yang dijajakan oleh penjual jamu keliling.

Rasa kesejukan akan anda dapat kembali setelah meminum ramuan kunyit asam dengan rutin selama masa haid. Namun, untuk menambah khasiatnya, sebaiknya ramuan ini anda minum pada ketika sebelum menstruasi datang.

Untuk menerima kesejukan rasa dan manfaat yang lebih, anda dapat membuatnya di rumah sendiri dengan menyediakan beberapa ruas kunyit sebagai materi dasar, jahe dan kencur sebagai materi tambahan. Parut kesemua materi dan peras. Ambil sarinya yang kental kemudian direbus sampai mendidih. Tambahkan asam jawa dan gula merah. Minum 2 kali sehari.sepanjang masa haid dan minum menjelang masa menstruasi datang.

4. Hindari Pakaian Ketat
Pada ketika menstruasi datang, rasa sensitif pasti dirasakan terutama pada tempat langsung annda. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri yakni dengan menghindari penggunaan celana ketat. Misalnya celana levis atau sebagainya. Penggunaan celana yang ketat akan menggangu ruang gerak ketika anda beraktivitas dan mengakibatkan goresan yang mungkin dapat meningkatkan rasa sakit.

Begitulah cara mengatasi nyeri haid menstruasi secara alami yang telah kami rangkum. Semoga bermanfaat untuk Anda dan biar tips di atas menjadi balasan atas pertanyaan anda wacana duduk perkara yang sering terjadi pada wanita.

Namun, ada satu yang patut diwaspadai jikalau nyeri haid yang dirasakan tidak menyerupai biasanya atau teramat sakit menemukan kelainan untuk timbulnya penyakit yang membahayakan badan menyerupai miom, kista atau penyakit lainnya. Perlu dilakukan tindakan pengecekan medis untuk memastikan hal ini.