8 Manfaat Buah Markisa Dibalik Rasa Asamnya

Rasa asam dari buah markisa memang sangat mencolok sehingga untuk menikmati buah ini paling segar adalah dengan membuatnya menjadi jus atau minuman. Jika dicampur dengan gula dan es maka minuman buah markisa sangat segar untuk dinikmati, apalagi pada waktu siang hari dengan terik matahari yang sangat menyengat. Saat ini markisa bisa dengan mudah kita temukan, karena tanaman markisa yang merambat ini sering digunakan sebagai peneduh halaman dan bahkan mempercantik pagar rumah.

Anda tentu tahu rasa buah markisa bukan? Rasa asam yang terkandung pada buah ini sebenarnya menunjukkan bahwa buah tersebut merupakan sumber vitamin C. Jika Anda makan satu buah markisa, artinya kebutuhan vitamin C harian Anda telah terpenuhi dengan baik, yaitu setidaknya 50 persennya. Selain merupakan sumber vitamin C, markisa juga merupakan sumber antioksidan. Karena kandungan antioksidan yang cukup tinggi ini maka markisa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut ini manfaat buah markisa yang harus kita ketahui.

1. Perkembangan tulang dan gigi
Karena markisa mengandung banyak sekali betakaroten maka buah markisa ini dapat mendorong perkembangan tulang dan gigi. Selain itu, markisa juga dipercaya mampu memperbaiki jaringan kulit dengan baik.


2. Mencegah cacat pada bayi
Buah markisa ini merupakan salah satu buah yang mengandung asam folat. Dan ini tentu saja sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Manfaat buah markisa untuk ibu hamil yaitu dapat mencegah terjadinya bayi lahir cacat. Asam folat sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan perkembangan otak pada bayi.

3. Atasi masalah pencernaan
Memiliki gangguan pencernaan tidak harus selalu diselesaikan dengan minum obat. Karena jika sembelit menyerang Anda, maka Anda bisa mengonsumsi buah markisa. Dengan demikian maka pencernaan Anda akan segera membaik. Selain itu, manfaat buah markisa bagi kesehatan tubuh yang lain adalah dapat mengobati lambung, ulkus duodenum dan juga hyperacidity.

4. Mengatur detak jantung dan stabilkan tekanan darah
Dibalik rasa asam dari buah markisa ini ternyata memiliki banyak sekali manfaat, di antaranya yaitu dapat menjaga kestabilan tekanan darah dan juga mengatur detak jantung.

5. Baik untuk diet dan menurunkan kolesterol jahat
Untuk menjaga berat badan, maka sangat baik jika Anda mau mengonsumsi buah markisa. Pasalnya buah markisa ini mengandung serat yang cukup tinggi. Sehingga manfaat buah markisa untuk diet ini sudah bukan rahasia lagi. Selain itu markisa juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

6. Meringankan asma
Bagi Anda yang menderita asma mungkin bisa saja kambuh setiap saat. Namun jika Anda rajin konsumsi buah markisa ini, maka asma bisa diatasi dengan baik. Karena dalam buah berasa asam ini memiliki efek yang dapat memblokir histamin yang dapat menyebabkan asma.

7. Atasi anemia
Karena markisa merupakan buah yang sangat kaya akan zat besi, maka dapat bermanfaat untuk mengatasi penyakit anemia dengan baik.

8. Mencerahkan kulit
Kini banyak sekali orang yang melakukan suntik vitamin C hanya untuk mendapatkan kulit cerah. Namun tahukah Anda bahwa manfaat buah markisa untuk kulit selain dapat mencerahkan juga membuat kulit menjadi lebih bersih? Ini semua karena kandungan vitamin C yang tinggi pada buah tersebut.

Dengan mengetahui betapa banyaknya manfaat markisa untuk kesehatan, maka sebaiknya mulai kini Anda rajin mengkonsumsinya sehingga badan akan senantiasa sehat dan tidak mudah sakit karena imunitas tubuh meningkat. Semoga bermanfaat.

rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal