10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi Dan Mulut

Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting. Karena kalau tidak banyak sekali duduk masalah kesehatan seputar gigi dan ekspresi sanggup muncul kapan saja. Misalnya sakit gigi, duduk masalah gigi berlubang, gusi bengkak dan sebagainya.

Untuk duduk masalah ekspresi yang biasa muncul ialah bau mulut tak sedap, sariawan sampai sakit tenggorokan. Semua itu ialah akhir dari kita yang tidak memperhatikan kesehatan, terutama kesehatan gigi dan mulut.

Apakah untuk mendapat gigi dan ekspresi yang sehat harus mengeluarkan biaya mahal? Tentu saja tidak. Jika Anda pernah membaca artikel mengenai cara mengobati sakit gigi dan mengobati sariawan secara tradisional, tentu anda tahu bahwa banyak bahan-bahan alami yang bisa menciptakan kita sehat.
 Karena kalau tidak banyak sekali duduk masalah kesehatan seputar gigi dan ekspresi sanggup muncul kapan sa 10 Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Gigi Sehat
Nah, berikut ini saya informasikan mengenai 20 cara menjaga kesehatan gigi dan ekspresi yang bisa Anda lakukan ibarat dilansir Cara Sehat Hidup dari Suara Merdeka.

Hindari kopi, teh dan alkohol berlebihan

Kopi dan teh gotong royong boleh saja dikonsumsi dan tidak akan merusak kesehatan gigi kalau dikonsumsi secukupnya saja. Namun kalau berlebihan, bukan hanya kesehatan gigi yang terancam namun juga lambung dan bab badan lainnya. Sementara itu, meminum alkohol hiperbola akan menciptakan ekspresi kering dan berbau tidak sedap.

Rajin membersihkan gigi

Jika anda ingin mempunyai gigi yang sehat maka hal pertama yang harus dilakukan ialah membersihkan gigi secara rutin dan benar. Menyikat gigi yang benar minimal dua kali sehari sanggup membantu anda menjaga kesehatan gigi dan ekspresi secara keseluruhan.

Bagaimana cara menyikat gigi yang baik dan benar? Akan saya berikan informasinya di lain kesempatan.

Konsumsi buah-buahan

Buah-buahan mengandung serat serta vitamin dan mineral yang diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi. Kandungan serat dalam buah-buahan bertindak sebagai sikat gigi alami yang membersihkan sisa-sisa masakan sekaligus mengusir basil di mulut.

Buah-buahan yang mengandung vitamin C ibarat jeruk, jambu biji, stroberi dan buah kiwi juga sanggup membantu memperkuat gusi.

Konsumsi sayuran

Seperti buah-buahan, sayuran mengandung serat alami yang bisa membersihkan gigi dari sisa-sisa masakan dan flak. Selain itu, sayuran yang mengandung vitamin A ibarat wortel, brokoli dan labu membantu pembentukan lapisan email gigi.

Biji bunga matahari dan biji wijen

Biji buna matahari sanggup membantu mencegah wangi mulut. Sedangkan biji wijen mempunyai kegunaan untuk menghilangkan plak pada gigi. Wijen juga bisa memperkuat tulang dan gigi alasannya ialah kandungan kalsiumnya.

Susu dan produk olahannya

Susu dikenal sebagai minuman yang mengandung kalsium tinggi, dan hal itu benar adanya. Bahkan bukan cuma susu, semua produk olahannya ibarat yogurt dan keju juga mengandung kalsium yang baik untuk menjaga kesehatan dan kekuatan gigi.

Air lemon

Air jeruk lemon mengandung asam sitrat yang bisa menciptakan gigi tampak leih putih berkilau. Untuk mendapat khasiatnya, rajinlah menyikat gigi memakai air lemon yang dicampur dengan garam secukupnya.

Flossing

Jika dilakukan dengan benar, flossing sanggup membantu anda membersihkan sisa-sisa masakan yang terselip diantara gigi dan gusi. Kaprikornus jangan takut selama hal tersebut dilakukan dengan benar dan oleh ahlinya.

Kebersihan sikat gigi

Menjaga bersihan sikat gigi sebagai alat pembersih gigi juga penting. Ganti sikat gigi minimal 2 bulan sekali dan jauhkan sikat gigi dari toilet.

Produk pemutih gigi

Jika anda ingin memutihkan gigi, tidak ada salahnya mencoba produk pemutih gigi yang kini banyak dijual di pasaran. Namun, akan lebih baik kalau anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda. Baca juga artikel sebelumnya mengenai cara memutihkan gigi secara alami.

Selain memakai cara-cara diatas untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut, Anda juga perlu memeriksakan gigi Anda ke dokter minimal 6 bulan sekali. Serta jangan lupa menjaga asupan kalsium harian Anda.