5 Cara Paling Sempurna Mengatasi Mimisan

5 cara paling sempurna mengatasi mimisan – mimisan atau sering disebut sebagai epistaksis dalam istilah kedokteran merupakan perdarahan dari hidung yang biasanya disebabkan oleh syok pada hidung atau penyakit tertentu, yang biasanya di tandai dengan keluarnya darah dari hidung akhir adanya pendarahan yang terjadi di dalam rongga hidung yakni berupa robeknya selaput lender tipis pada cuilan dalam hidung sehingga mengeluarkan darah.
 mimisan atau sering disebut sebagai epistaksis dalam istilah kedokteran merupakan perdara 5 cara paling sempurna mengatasi mimisan
5 cara paling sempurna mengatasi mimisan

Mimisan ini sanggup menyerang semua usia, bukan hanya orang dewasa, mimisan juga sanggup terjadi pada anak-anak, anda tidak perlu panik dikala melihat buah hati anda mengalami mimisan secara datang tiba.  Karena mimisan ini bukanlah penyakit yang berbahaya jikalau anak anda tidak dalam kondisi demam, namun kita juga jangan menggampangkan penyakit ini, kita perlu mengetahui penyebab dan cara paling sempurna untuk mengatasi mimisan yang menyerang buah hati anda atau bahkan anda sendiri.

Penyebab mimisan

Mimisan mempunyai banyak faktor penyebabnya, dengan mengetahui penyebab mimisan ini anda sanggup melaksanakan pencegahan biar tidak mengalami mimisan dan atau tidak panik dikala anda atau keluarga anda mengalami nya.  beberapa faktor penyebab mimisan antara lain :

Mimisan lantaran adanya polusi
Kondisi udara yang ada di lingkungan dan dihirup oleh anda tentu sanggup menghipnotis kesehatannya juga, sebagai pola dikala anda naik motor di jalanan tentu saja udara yang ada di sekitar anda telah terkotori oleh asap polusi kendaraan bermotor, jikalau ini terus di biarkan maka sanggup menciptakan iritasi pada selaput lendir anda, sehingga mengakibatkan mimisan.

Mimisan lantaran suhu yang ekstrim
Suhu udara ekstim contohnya perubahan suhu udara secara mendadak hal ini biasa terjadi pada dikala ekspresi dominan pancaroba dimana, pada siang hari cuaca sangat panas dan terik sedangkan pada malam hari suhu cenderung berkembang menjadi sangat dingin, jikalau badan anda tidak dalam keadaan fit maka anda akan sangat rentan terjangkit penyakit contohnya demam atau mimisan ini lantaran selaput lendir hidung menjadi kering dan pecah.

Mimisan lantaran adanya trauma
Hidung merupakan salah satu indra yang sangat sensitif terhadap benda ajaib yang masuk, salah satu penyebab mimisan yaitu adanya syok yang ada pada hidung hal ini biasanya disebabkan lantaran terlalu sering mengorek hidung dengan keras, terbentur benda keras, mengeluarkan ingus terlalu keras atau bahkan adanya benda ajaib yang masuk ke rongga hidung tentu sanggup menimbulkan duduk kasus di hidung anda.

Mimisan lantaran adanya infeksi
Infeksi dan peradangan pada hidung akhir penyakit ibarat demam berdarah (kurang trombosit), darah sulit membeku (hemofilia), leukemia (kanker darah), hipertensi (tekanan darah tinggi), influenza, sinusitis, tumor pada hidung, dsb

Cara paling sempurna mengatasi mimisan

Setelah anda mengetahui apa saja penyebab mimisan, selanjutnya dikala anda atau keluarga anda mengalami mimisan, jangan panik hiperbola lantaran ada tips cara paling sempurna untuk mengatasi mimisan yang sanggup anda terapkan dengan cepat dan mudah.

Jangan membaringkan / menundukan kepala
Pada pemberian pertama dikala anda mengalami mimisan ialah jangan membaringkan atau menundukan kepala anda lantaran hal ini justru akan menciptakan mimisan semakin parah, selain itu hindari pula untuk mengangkat kepala ke atas (menengadah).

Pencet cuping hidung
Selanjutnya untuk menghentikan pendarahan yang muncul sebaiknya anda memencet cuping hidung (jangan terlalu keras) dengan ibu jari dan telunjuk, dan tahan kira-kira 3 s/d 5 menit dan bernafaslah sementara dengan menggunakan mulut. Bila sesudah 5 menit masih tetap berdarah, pencet lagi cuping hidung selama 10 menit, lakukan kembali hingga pendarahan terhenti.

Gunakan daun sirih
Daun sirih memang telah menjadi materi alami yang sangat ampuh untuk mengatasi pendarahan dikala mimisan, cara menggunakannya pun sangat simpel cukup ambil 1 lembar daun sirih yang masih muda, bersihkan daun sirih dengan air, remas dan gulung daun sirih ibarat corong kemudian sumbatkan ke lubang hidung. Biarkan beberapa saat, dan posisi wajah anda menengadah ke atas. Daun sirih ini akan membantu mengecilkan pembuluh darah untuk menghentikan pendarahan.

Kompres dengan es batu
Kompres hidung dengan menggunakan handuk yang telah dibasahi air es tujuannya untuk mengecilkan pembuluh darah (vasokonstriksi) serta untuk membekukan darah yang keluar dari hidung sehingga perdarahan pun cepat berhenti.

Duduk dengan tegak
Anda sanggup menciptakan posisi duduk pada anak anda dengan kepala agak sedikit maju kemudian anda sanggup menggunakan jempol dan telunjuk untuk menutup lubang hidung dengan cara memijat selama 2 hingga 5 menit, bernafaslah lewat mulut. Hal ini bertujuannya biar darah tidak mengalir ke cuilan belakang dan mengalir ke kerongkongan serta lambung (darah tertelan dan mengakibatkan batuk atau mual sehingga anak muntah). Dengan posisi duduk akan menciptakan aliran darah menjadi lebih lambat lantaran letak posisi jantung lebih rendah dari hidung. Jangan dibaringkan, lantaran jikalau anak dibaringkan, darah akan mengalir relatif lebih cepat dan darah sanggup tertelan lantaran posisi jantung berada sejajar dengan hidung.

Nah itu tadi beberapa cara paling sempurna mengatasi mimisan yang sanggup anda terapkan untuk melaksanakan pemberian pertama, namun apabila sesudah 10 menit perdarahan (mimisan) masih berlanjut, dan disertai panas, sebaiknya segera bawa anak ke dokter untuk di berikan pemberian yang lebih.