Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Tips Mengatasi Anak Susah Makan – masa anak anak ialah masa yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangannya, terutama pada ketika golden age di kisaran usia 3 tahun dimana, pada ketika itu anak akan sangat gampang unuk menangkap informasi dan mempunyai rasa ingin tahu yang sangat tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, untuk melaksanakan aktifitas aktifitas tersebut tentu anak memerlukan energi yang cukup biar tidak gampang lelah, oleh alasannya itu asupan masakan harus di perhatikan dengan benar oleh bunda.
 masa anak anak ialah masa yang sangat baik untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkemban Tips Mengatasi Anak Susah Makan
Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Namun akan menjadi dilema yang besar apabila anak mengalami masa dimana ia susah untuk makan, seketika itu bunda niscaya merasa galau untuk membujuk anak biar tetap mau makan, bunda selalu diliputi kekhawatiran soal kecukupan gizi buah hatinya. Belum lagi kalau anak susah makan atau pilih-pilih makanan.

Ketika si kecil berusia 6 bulan, saatnya mulai menunjukkan masakan padat pendamping ASI. Saat inilah bunda harus lebih cermat memperhatikan pola makannya si kecil. mulai dari memberinya bubur susu, sari buah, kemudian bertahap ke tekstur makanan yang lebih padat ibarat nasi tim, dan seterusnya. Namun ketika memasuki usia tahun pertamanya, pada proses ini tentu tidak selalu berjalan mulus, ada beberapa penyebab yg mambuat si kecil susah makan. Masalah tersebut biasanya berupa menolak makanan, tidak suka sayur, hanya mau makan yang itu-itu saja (picky eater), atau mengemut makanannya berlama-lama. Kondisi ini sudah barang tentu menciptakan ibu khawatir akan kecukupan gizi si kecil, mengingat mereka masih dalam masa tumbuh kembang.

Faktor penyebab anak susah makan

Ada banyak faktor yang perlu bunda ketahui mengapa si kecil susah untuk makan, bahwasanya ada dua faktor penyebabnya yaitu faktor fisik dan faktor psikis. Faktor fisik ini biasanya terdapat gangguan di organ pencernaan maupun terdapatnya nanah dalam tubuh anak. Sedangkan faktor psikis mencakup gangguan psikologis pada anak, ibarat kondisi rumah tangga yang bermasalah, suasana makan yang kurang menyenangkan, tidak pernah makan bersama orangtua, maupun anak dipaksa memakan masakan yang tidak disukai.

Cara mengatasi anak susah makan
Untuk mengatasi si kecil susah makan, bunda sanggup menerapkan tips tips cara mengatasi anak ssah makan berikut ini, biar nafsu makan si kecil kembali meningkat dan tidak pilih pilih masakan lagi.

Mengatasi susah makan dengan variasi makanan.
Cara yang pertama untuk mengatasi anak susah makan, yaitu cobalah untuk memakai variasi makanan, hal ini biar anak tidak merasa bosan dengan hidangan makanannya, bunda juga bisa membimbing buah hati anda untuk menentukan masakan yang ia sukai. Biasanya anak lebih suka dengan masakan pilihannya. Bunda bisa memvariasikan menurut waktu makannya. Misal sarapan pagi : roti, kentang, telur, dan minum segelas susu, makan siang : nasi tim sayur dengan ikan, makan malam nasi sayur dengan daging/ayam. Jangan lupa sediakan buah-buahan atau pudding agar-agar sebagai epilog hidangan setiap simpulan makan.


Melibatkanlah anak anda untuk menyiapkan makanan.
Salah satu cara yang paling efektif untuk mengatasi anak susah makan, yaitu dengan melibatkannya dalam menyiapkan makanan, hal ini sanggup bunda lakukan biar anak menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsi masakan yang telah di siapkannya, selain itu anak juga sanggup menentukan masakan yang di inginkannya. Misalnya dengan meminta pertolongannya untuk mengambilkan buah atau sayur di swalayan maupun membantu menyiapkan meja makan. Selain itu, anak anda memerlukan referensi dari orang tuanya. Bila anda mengkonsumsi masakan sehat, maka anak akan mencontoh pola makan anda sebagai orang tua.

Sajikan masakan dengan menarik
Untuk menarik minat anak untuk makan, bunda sanggup mencoba untuk menata dan mendesain masakan si kecil, bunda sanggup menyajikan masakan tersebut dengan kombinasi warna, bentuk yang bermacam-macam sehingga masakan tersebut mempunyai tampilan menarik. Misalnya, mencetak nasi goreng dalam cetakan teddy bear atau angsa kecil. Contoh: Makanan Unik

Mengatasi susah makan dengan makan teratur
Dengan makan secara teratur maka anak akan terbiasa untuk makan di jam jam tertentu, sehingga anak tidak akan susah untuk makan ketika jam nya sudah datang, jadi mulailah untuk menjadwalkan waktu makan dengan teratur, biar si kecil terbiasa dengan waktu makannya. Sama halnya dengan waktu tidur, mandi dan sebagainya.

Sajikan masakan dengan porsi kecil
Sajikan masakan dalam porsi kecil dulu, jangan memaksa anak untuk menghabiskan masakan dengan porsi hiperbola alasannya lambung anak anda belum bisa menampung masakan terlalu banyak. Makara berikan ia masakan bertahap biar ia tidak bosan dan bisa menikmati hidangan makanannya. Jika anak anda bahagia dan ketagihan biasanya ia cenderung meminta lagi sesudah porsi yang dihadapannya habis.

Mengatasi susah makan dengan memberi cemilan sehat
Setelah bisa berjalan, si kecil gemar bereksplorasi dengan lingkungannya. Apalagi ketika memasuki usia 2 tahun, aktivitasnya semakin banyak saja. Ini mungkin membuatnya sulit untuk duduk cantik dan makan dengan tenang. Untuk menyiasatinya, berikan ia cemilan sehat dalam porsi kecil namun beragam. Misalnya saja bola-bola kentang isi wortel dan daging cincang, sus mini isi fla coklat, donat tabor keju, dan sebagainya.

Jadikan ketika makan menyenangkan
Saat si kecil makan, bunda sanggup menghadirkan proses makan yang sangat menyenangkan buatlah menjadi quality time antara bunda dengan si kecil, ibarat menjadikannya ibarat pesawat, kendaraan beroda empat dll, oh ya hindari mengancam, menghukum, atau menakut-nakuti anak biar ia makan lebih banyak. Ini akan membuatnya merasa bahwa ketika makan merupakan ketika yang tidak menyenangkan. Dan bukan tak mungkin menjadikan stress berat psikologis baginya.

Hindari memberi iming-iming masakan epilog sebagai hadiah.
Hal ini sanggup menyiratkan bahwa masakan epilog merupakan masakan yang paling yummy dan baik untuk anak. Selain itu, sanggup meningkatkan harapan mengkonsumsi masakan cantik bagi anak. Anda sanggup menunjukkan masakan epilog selama 2 hari dalam seminggu, sedangkan pada pekan berikutnya tidak anda berikan. Buah, yogurt atau masakan sehat lain sanggup anda ganti sebagai masakan penutup.

Nah bunda itu tadi beberapa tips mengatasi anak susah makan yang sanggup bunda terapkan sebagai pencegahan atau bahkan mengatasi anak yang susah makan, alasannya asupan masakan yang di konsumsi oleh si kecil sangat besar lengan berkuasa terhadap tumbuh kembangnya.