Cara Menciptakan Masker Beras Untuk Memutihkan Wajah

Masker beras merupakan salah satu masker alami yang sangat berguna untuk perawatan kecantikan kulit wajah. Mungkin selama ini banyak orang mengenal beras hanya sebagai materi untuk makanan pokok, yaitu nasi. Namun, berkat kemajuan teknologi dan pengetahuan, sekarang beras juga dimanfaatkan dalam dunia kecantikan. Salah satunya dengan menjadikannya sebagai masker beras.

Manfaat masker beras untuk kulit wajah diantaranya sanggup mencerahkan, menghaluskan dan memutihkan. Masker yang satu ini juga dipercaya dan sudah terbukti bisa menghilangkan flek hitam, noda bekas jerawat dan cacar. Beras mengandung squalane oil, vitamin E, dan vitamin C yang membuatnya menjadi sangat bermanfaat bagi kulit.

Cara Membuat Masker Beras


 yang sangat berguna untuk perawatan kecantikan kulit wajah Cara Membuat Masker Beras untuk Memutihkan Wajah
Belakangan ini, terutama para perempuan mulai menyadari akan ancaman yang terkandung dalam kosmetik sehingga menentukan mnggunakan bahan-bahan alami untuk perawatan kecantikannya. Diantaranya dengan menggunakan masker wajah dari materi alami. Mulai dari buah-buahan, sayuran, madu, telur hingga beras.

Membuat masker beras sendiri memang harus melalui beberapa tahapan. Inilah yang menciptakan sebagian perempuan malas dan lebih menentukan untuk menggunakan produk siap pakai. Namun bagaimana pun juga yang alami pastinya lebih aman.

Nah, kali ini saya akan memperlihatkan tips dan cara menciptakan masker beras sendiri mulai dari awal. Simak langkah-langkahnya berikut ini dan praktekan di rumah.

Membuat Tepung Beras


Tepung beras, merupakan materi utama untuk pembuatan masker beras. Sebenarnya tepung beras ini bisa dibeli di swalayan. Namun, kebanyakan ialah beras yang sudah dicampur dengan pemutih. Yang kitaperlukan disini ialah tepung beras organik yang belum dicampur dengan materi apapun. Makara kalau Anda ingin membeli tepung beras untuk dibuat masker, pastikan itu ialah tepung beras organik yang tidak dicampur dengan materi lainnya, murni tepung beras. Dan yang paling baik ialah beras Jepang. Namun kalau susah mecarinya, beras lokal juga bisa.

Cara Pertama

Caranya cukup mudah. Ambil beras organik secukupnya, basuh higienis kemudian rendam selama semalaman. Esok harinya beras dhaluskan dengan cara ditumbuk atau diblender. Jemur di panas matahari hingga benar-benar kering. Tepung beras siap dipakai sebagai masker.

Cara Kedua

Hampir sama dengan cara pertama, ambil beras organik secukupnya kemudian basuh hingga higienis dan rendam semalaman. Jika memungkinkan, pilih yang bulirnya berwarna bening, alasannya ialah mengandung squalane oil yang tinggi. Jemur beras tersebut hingga setengah kering, kemudian tumbuk hingga halus (bisa juga diblender). Saring dengan ayakan tepung, ambil tepugn yang sangat halus dan pisahkan dalam wadah.

Tambahkan air mawar bertahap dan aduk hingga membentuk gabungan yang bisa dibentuk. Bentuk gabungan tersebut menjadi bulatan-bulatan kecil. Jemur hingga kering.

Untuk penggunaannya, ambil butiran-butiran tepung beras tersebut, kemudian seduh dengan air hingga berbentuk gabungan menyerupai pasta. Oleskan gabungan tersebut ke seluruh wajah sebagai masker. Untuk wajah berjerawat bisa ditambahkan dengan bawang putih. Masker yang belum dipakai (butiran kecil) bisa disimpan maksimal selama satu bulan.

Jenis-Jenis Masker Beras


Masker beras ini banyak jenis dan variasinya. Tergantung dari tujuan yang ingin dicapainya, apakah untuk mencerahkan kulit wajah, memutihkan, menghilangkan jerawat, flek hitam, bekas jerawat, dan lain sebagainya. Biasanya masker ini dicampur dengan bahan-bahan lain menyerupai madu, minyak zaitun, susu. Berikut ini beberapa jenis variasi dari masker beras yang sanggup Anda coba.

1. Masker Beras dan Madu

Madu merupakan materi alami yang ajaib alasannya ialah khasiatnya yang tidak terhingga bagi kesehatan badan manusia. Termasuk untuk kecantikan kulit wajah. Selain kaya antioksidan, madu juga sanggup melembabkan kulit dan mempercepat proses pengelupasan sel kulit mati. Ambil tepung beras dan tambahkan beberapa tetes madu kemudian aduk hingga rata. Oleskan pada wajah sebagai masker.

Baca juga artikel mengenai cara menciptakan masker madu dan variasinya, untuk wajah dan rambut.

2. Masker Beras dan Tomat

Tomat merupakan bahana lami yang berguna untuk menghilangkan komedo dan jerawat. Tambahkan tomat ke dalam masker beras kemudian tumbuk hingga halus dan aduk hingga merata. Aplikasikan pada wajah, gosok pecahan atas hidung untuk mengangkat sel kulit mati.

3. Masker Beras dan Baking Soda

Selain dimanfaatkan dalam pembuatan kue, baking soda juga dikenal sebagai materi yang berguna untuk perawatan kecantikan wajah. Ambil tepugn beras secukupnya, tambahkan baking soda dan beberapa tetes madu. Buatlah gabungan pasta dengan ketiga materi tersebut. Oleskan gabungan tersebut pada wajah secara merata. Gosok wajah secara lembut dengan gerakan melingkar selama 1 menit. Bilas dengan air dingin. Baking soda berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan mengatasi kelebihan minyak.

4. Beras, Madu dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan materi alami berguna untuk menjaga kelembaban kulit wajah serta keremajaannya. Campurkan tepung beras, madu dan minyak zaitun hingga membentuk gabungan pasta. Oleskan secara merata pada wajah, hindari tempat sekitar mata dan bibir. Biarkan selama kurang lebih 20 menit, bilas dengan air bersih. Keringkan wajah dengan handuk halus dengan cara menepuk-nepukkan ke wajah, jangan digosok. Lakuakn perawatan ini seminggu sekali.

5. Masker Beras dan Gula

Gual merupakan materi alami untuk mengatasi bisul serta menjaga keremajaan kulit. Campurkan gula dan tepung beras hingga menjadi gabungan yang sanggup diaplikasikan ke wajah sebagai masker (jika terlalu kental, bisa tambahkan sedikit air). Jangan lupa terapkan juga pada leher. Perpaduan dua materi ini sanggup membersihkan, melembapkan dan mengelupas kulit.

6. Beras, susu dan cuka apel

Masukkan tepung beras ke dalam sebuah mangkuk kecil. Tambahkan 2 tetes cuka sari apel dan 4-5 tetes susu. Campurkan ketiga materi tersebut hingga berbentuk gabungan pasta. Oleskan pada wajah dan leher sambil digosok pelan selama 1-2 menit dan kemudian biarkan mengering. Cuci dengan air hirau taacuh untuk mendapat kulit yang cerah dan bercahaya.

7. Beras, Kentang dan Minyak Almond

Parut kentang dan peras airnya, sisihkan dalam mangkok. Tambahkan tepung beras dan 1 sendok teh jojoba oil atau almond oil ke dalam sari kentang, kemudian aduk perlahan hingga terbentuk menyerupai pasta. Oleskan pasta tersebut pada wajah secara merata, dan diamkan selama 10-20 menit. Bilas wajah dengan air bersih.

8. Masker air Beras

Selain tepung beras, air beras juga sanggup dipakai sebagai masker. Tuangkan ½ cup beras ke dalam mangkok, kemudian tambahkan air secukupnya sekitar 1 inci di atas beras. Aduk perlahan menggunakan sendok. Diamkan sekitar 30-60 menit, kemudian pisahkan air dan beras menggunakan penyaring. Ambil kertas tisu yang cukup tebal, kemudian beri lubang sesuai dengan pecahan mata, mulut, dan bibir. Rendam kertas tisu ke dalam air beras selama kurang lebih 10 menit. Angkat kertas tisu perlahan dan peras sebentar untuk mengurangi kelebihan air. Lalu, tempelkan pada wajah selama 15 menit. Basuh wajah kembali hingga bersih.

Oke, itu ia beberapa cara menciptakan masker beras yang berfungsi untuk memutihkan wajah, menjaga keremajaan kulit, menghilangkan jerawat, flek hitam, noda bekas bisul hingga mencerahkan kulit.