6 Hal yang Membuat Mulut AndaTidak Bau

Mulut yang bau merupakan sesuatu yang tidak disukai oleh seseorang karena bau mulut akan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Memiliki mulut yang tidak bau adalah modal awal untuk menumbuhkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi maupun dalam bersosialisasi. Bayangkan saja apabila kita sedang berbicara dengan seseorang tiba-tiba seseorang tersebut menutup hidungnya atau menjaga jarak dengan kita hanya karena bau mulut, pasti ada rasa malu dalam diri kita. Oleh sebab itu perlu memperhatikan hal-hal yang tersebut dibawah ini :

1.Menggosok gigi secara teratur
Dengan banyaknya pasta gigi yang beredar  dan memiliki fungsi masing-masing, ada yang menjaga kesehatan gigi dan ada juga yang untuk menyegarkan mulut. Kita pilih pasta gigi yang sesuai dengan kesukaan kita. Menggosok gigi secara teratur selain dapat menghilangkan bau mulut juga dapat menjaga kesehatan gigi. Gosoklah gigi anda minimal 2x sehari.


2. Hindari makanan yang menyebabkan bau mulut
Makanan yang kita makan berpengaruh terhadap bau yang akan ditimbulkan oleh mulut kita. Sebaiknya hindari makanan seperti jengkol dan petai. Karena makanan tersebut selain menimbulkan bau mulut juga membuat air seni kita menjadi bau juga. Ketika ingin menghadiri suatu acara saya sarankan jangan makan –makanan tersebut agar tidak mengganggu orang disekitar anda ketika berbicara.

3. Jangan merokok
Merokok selain juga mengganggu kesehatan tubuh seseorang juga dapat menimbulkan bau mulut bagi perokok aktif. Perokok aktif memiliki bau badan yang khas..hehe, jarak beberapa meter saja pasti sudah dapat tercium baunya, apalagi bau mulutnya. Maka dari itu hindari asap rokok, kalau asapnya saja harus dihindari apalagi rokoknya. 

4. Konsumsilah buah-buahan
Jika bau pada mulut anda disebabkan oleh sariawan, maka langkah tepat yang dapat kita lakukan adalah memperbanyak makan buah-buahan. Seperti yang telah kita ketahui, salah satu penyebab terjadinya sariawan adalah karena kekurangan vitamin C, dan vitamin C bisa kita dapatkan dari buah-buahan

5. Sering-sering berkumur
Apabila anda seorang muslim maka anda secara tidak sengaja sudah menjaga kebersihan mulut anda karena dalam sehari semalam  anda akan berkumur sebanyak 5x. Saat mulut anda mengeluarkan bau tak sedap yang menyengat, anda bisa berkumur. Anda bisa berkumur dengan air rebusan daun sirih, moutwash (antiseptik), atau bisa juga dengan air hangat yang sudah dicampur dengan garam.

6.  Mengunyah Permen
Ini solusi yang paling cepat untuk menghilangkan bau mulut, kunyahlah permen. Sekarang sudah banyak permen untuk menyegarkan mulut kita. Maka dari itu siapkan permen dikantong anda kunyahlah ketika memang diperlikan untuk menjaga bau mulut kita.

Inilah beberapa tips yang bisa saya sampaikan agar kita memiliki bau mulut yang segar, seingga lebih percaya diri dalam keadaan apapun. Semoga bermanfaat...