6 Manfaat yang didapat ketika tidur siang

Siang hari adalah waktu dimana kita memiliki banyak aktifitas yang mana membutuhkan banyak tenaga. Dalam keadaan yang sudah terkuras tenaganya sejak pagi terkadang rasa lapar dan mengantuk menyerang. Terus apa yang harus dilakukan sedangkan kita sedang ditempat kerja yang dimana tidak ada fasilitas untuk tidur siang. Terus apa yang harus dilakukan jika rasa kantuk menyerang?kita bisa memejamkan mata selama 10-40 menit dalam keadaan duduk, bersandar dikursi atau meletakan kepala diatas meja kerja. Kira-kira apa ya manfaat tidur siang?berikut adalah manfaat tidur siang :




1.Menjadikan lebih fokus
Tidur siang dapat menjadikan kita lebih focus untuk menghadapi kerjaan, tidakperlu lama-lama ketika tidur siang cukup dengan 10-40 menit untuk tidur, sisanya untuk makan maupun untuk ibadah karena biasanya waktu istirahat kerja hanya 1 jam.

2.Meningkatkan daya ingat
Setelah otak bekerja dari pagi sampai siang hari maka otakpun juga bisa lelah dengan melakukan tidur disiang hari otak beristirahat sehingga ketika bangun otak siap untuk diajak bekerja lagi sehinnga lebih mudah untuk diajak berfikir dan menyelesaikan tugas.

3.Menghilangkan rasa lelah dan kantuk
Setelah tidur siang beberapa menit menjadikan tubuh menjadi lebih segar  dan rasa kantuk terobati. Dengan begitu tubuh siap untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas yang belum terselesaikan.

4.Mempertajam kinerja indra tubuh
Ketika disiang hari biasanya mata sudah merasa lelah, tidak hanya mata pendengaran dan indra yang lainnya juga menurun sensitifitasnya. Dengan tidur siang maka indra tubuh dapat bekerja secara optimal karena sensitifitasnya meningkat.

5.Menjaga kesehatan tubuh
Kekurangan tidur akan meningkatkan hormone kortisol dimana hormone tersebut meningkatkan tingkat stress seseorang. Kelebihan hormone kortisol juga dapat menyebabkan lemak menumpuk diperut yang menjadikan perut menjadi gendut, melemahkan sistem otot dan menurunnya imunitas seseorang. Dengan melakukan tidur siang maka kesehatan tubuh dapat terjaga.

6.Menjadikan mood lebih baik
Dengan tidur siang, menjadikan suasana hati menjadi tenang karena ketika tidur hormone serotonin bekerja dimana hormone tersebut  berfungsi untuk mnegurangi hormone kortisol sehingga mengurangi tingkat stress.

Itulah 6 manfaat tidur siang yang bisa kita rasakan, semoga dengan mengerti manfaat tidur siang kita bisa mendapatkan manfaatnya dan menjadikan kita bisa memiliki kualitas hidup yang lebih baik.