5 Hal yang Dapat Mencegah Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi masalah yang sering dialami hampir setiap orang. Apabila orang yang mengalami kerontokan rambut tidak segera mengambil tindakan maka kebotakan akan menjadi masalah berikutnya. Semakin bertambah usia maka kerontokan rambut tidak dapat dihindari, terutama pada usia 35 tahun keatas. Rambut rontok menjadi salah satu sebab orang menjadi tidak percaya diri. Berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah kerontokan rambut:

1.Cukupilah vitamin A
Vitamin A adalah salah satu unsur yang membantu kesehatan sel dan jaringan yang ada diseluruh tubuh termasuk rambut dan kulit kepala. Vitamin A didapat dari buah maupun sayuran yang berwarna merah maupun kuning salah satunya adalah wortel. Untuk sumber vitamin a dari hewani yaitu hati,minyak ikan dan susu  yang diperkaya.



2.Vitamin C
Vitamin C sangat berperan penting terhadap produksi kolagen, yang mana kolagen dapat memperkuat jaringan yang ada dirambut. Makanlah makanan yang mengandung vitamin c seperti buah jeruk, melon dan tomat.

3.Zinc
Ketombe dan rambut rontok dikarenakan kekurangan zinc, dimana fungsi zinc yaitu untuk memelihara kelenjar dan mengeluarkan minyak yang melekat pada folikel rambut sehingga rambut menjadi sehat dan kuat. Zinc terdapat pada makanan seafood seperti udang, tiram bahkan pada telur dan susu meskipun kandungannya sedikit.

4.Protein
Salah satu unsure yang terbanyak pada rambut adalah protein, maka sangat penting untuk memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh sehingga membuat rambut menjadi kuat dan tidak mudaah rontok. Makanan yang mengandung banyak protein yaitu susu, telur, kedelai maupun olahannya dan daging.

5.Minum air putih
Kekurangan air atau pun dehidrasi berakibat buruk bagi kesehatan termasuk penyebab rambut rontok adalah dehidrasi. Sebagian besar tubuh manusia menggunakan air, sel-sel yang berada dalam tubuh juga membutuhkan cukup air agar dapat bekerja dengan baik. Apabila air dalam tubuh terpenuhi maka kerontokan rambut dapat dicegah.

Itulah 5 hal yang dapat mencegah rambut rontok, rambut adalah mahkota yang membuat manusia menjadi tampan maupun cantik. Selain itu rambut juga berfungsi untuk menjaga kepala dari sinar matahari yang menyengat. Semoga dengan memiliki rambut yang sehat, tubuhpun menjadi sehat.