5 Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan Tubuh

Rasa kepedulian terhadap sesama sekarang mulai berkurang, terbukti banyak sekali rumah sakit yang masih kekurangan stok darah. Entah karena mereka takut untuk donor darah atau karena memang belum tahu tentang manfaat donor darah bagi kesehatan??coba bayangkan jika yang membutuhkan darah itu keluarga anda dan ternyata stok darah tidak ada, pasti anda merasa khawatir kan?Donor darah tidak membutuhkan waktu yang lama dan tidak membuat anda sakit, bahkan donor darah dapat menjadikan tubuh anda menjadi sehat. Sekantong darah anda akan menyelamatkan nyawa seseorang, berikut adalah manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh anda:

1.Mengurangi resiko jantung
Donor darah yang dilakukan secara rutin dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung. Dengan rutin melakukan donor darah maka kadar zat besi dalam tubuh stabil dan tidak berlebihan. Zat besi yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan oksidatif, kerusakan oksidatif inilah yang memicu terjadinya serangan jantung.




2.Menjaga berat badan tetap ideal
Orang yang melakukan donor darah brarti telah membakar kalori 650 kkal, dengan begitu maka berat badan anda tetap terjaga sehingga tidak menyebabkan anda obesitas. Bukankah memiliki berat badan yang ideal adalah impian setiap orang. 

3.Mencegah kanker
Penyakit kanker adalah penyakit yang mematikan, dengan donor darah secara rutin dapat menyebabkan sesorang mengurangi resiko kanker. Zat besi yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan oksidatif yang dapat menyebabkan kanker.

4.Memperlancar aliran darah
Orang yang tidak pernah melakukan donor darah maka viskositas (kekentalan) darah tinggi sehingga membuat aliran darah tidak lancer yang mengakibatkan penyempian pembuluh darah. Dengan menyempitnya pembuluh darah maka dapat terkena serangan jantung.

5.Membuat hidup lebih lama
Dengan donor darah maka anda memiliki umur yang lebih dan menjadikan hidup anda lebih berkah. Sedekah tidak hanya materi, donor darah yang diniatkan ibadah maka akan bernilai pahala dan itu juga termasuk sedekah.

Itulah 5 manfaat donor darah untuk kesehatan tubuh, lakukanlah donor darah secara rutin agar tubuh anda sehat dan dengan begitu anda juga dapat mengetahui kondisi kesehatan anda. Bahkan ada beberapa rumah sakit maupun lembaga memberikan hadiah bagi yang ingin mendonorkan darahnya. Setetes darah anda dapat menyelamatkan nyawa seseorang.