5 Cara Mudah Untuk Berhenti Merokok

Merokok sudah menjadi kebiasaan kebanyakan orang, entah itu laki-laki atau perempuan. Berbagai kalangan banyak yang merokok karena mungkin sudah menjadi gaya hidup mereka. Padahal didalam kemasan sudah terdapat larangan maupun akibat yang ditimbulkan dari merokok. Selain kesehatan tubuh merokok juga dapat mengganggu kesehatan kantong anda. Coba kalau ditabung mungkin bisa untuk kebutuhan yang lainnya yang lebih bermanfaat dari pada hanya dibakar menjadi asap. Berikut adalah beberapa cara supaya anda dapat berhenti merokok:

1.Keinginan yang kuat untuk berhenti
Kalau bukan diri sendiri siapai lagi?karena setipa pribadi yang mengendalikan dirinya sendiri bukan orang lain. Orang lain hanya bisa memberikan dorongan maupun masukan sedangkan diri pribadilah yang menentukan apakah hidup dengan merokok atau hidup dengan tidak merokok. Renungkan kemudian pilihlah apakah hidup dengan merokok itu lebih baik dibandingkan jika tidak merokok.




2.Alasan untuk berhenti
Buatlah alasan sebanyak-banyaknya kenapa harus berhenti merokok, dengan begitu anda semakin memiliki kejelasan kenapa anda harus berhenti merokok. Akan lebih baik lagi anda tulis alasan tersebut dalam sebuah buku atau didalam gadget sehingga tidak mudah lupa, seperti berhenti merokok supaya memiliki fisik yang kuat, berhenti merokok supaya bisa menabung, berhenti merokok supaya kesehatan terjaga dimasa tua dan masih banyak lagi alasan yang bisa anda tulis untuk memperkuat dan memperjelas kenapa harus berhenti merokok.

3.Bersiap-siap menghadapi gejala akibat berhenti merokok
Ketika seseorang memutuskan untuk berhenti merokok ada beberapa gejala yang mengakibatkan seseorang menghentikan niatnya untuk berhenti merokok. Gejala awal  yang ditimbulkan dari berhenti meroko yaitu gelisah, sakit kepala, tegang dan stress. Jika anda sudah menyadari gejala awal tersebut maka anda tak perlu risau, ketika sudah berjalan beberapa hari gejala-gejala tersebut akan menghilang dengan sendirinya.

4.Buatlah jadwal
Untuk langsung berhenti secara total maka akan sulit, buatlah target kapan harus berhenti total. Misal dalam 1 bulan harus berhenti total, untuk minggu 1 merokoknya satu hari satu batang, untuk minggu 2 merokoknya 3 kali dalam seminggu, untuk minggu 4 merokoknya 1 kali dalam seminggu dan minggu berikutnya anda sudah berhenti merokok.

5.Jauhi asap dan hal-hal yang berbau rokok
Ketika anda sudah berniat untuk berhenti, tetapi anda masih berdekatan dengan rokok maka dikhawatirkan akan muncul niatan untuk kembali merokok. Silahkan anda bergaul dengan siapapun tetapi menghindar sebentar ketika teman atau orang dekat anda sedang merokok itu akan mencegah anda untuk kembali merokok dan dengan begitu orang yang disekitar anda memaklumi anda bahwa anda tidak suka merokok.

Itulah 5 hal yang dapat menyebabkan anda untuk berhenti merokok, selain kesehatan merokok juga dapat menurunkan daya ingat anda.  Karena hidup memiliki banyak hal maka kebahagiaan hidup anda yang tentukan.