4 Hal Mencegah bibir Kering dan Pecah-Pecah

Mengapa bibir bisa pecah-pecah? Apa disebabkan oleh musim atau karena kondisi kesehatan tubuh menurun. Bibir pecah-pecah membuat tidak nyaman bahkan dapat mengurangi rasa percaya diri. Rasa perih dan kering pada bibir juga tidak nyaman jika digunakan minum atau makan. Untuk itu butuh perhatian khusus jika bibir pecah-pecah menerpa anda. Untuk itu alangkah baiknya jika bisa mencegahnya, berikut adalah beberapa hal yang dapat mencegah bibir pecah-pecah:

1.Menggunakan lip balm
Cara efektif untuk mencegah bibir pecah-pecah adalah menggunanakan lip balm. Dengan menggunanakan lip balm bibir kelembaban bibir terjaga sehingga bibir pecah-pecahpun dapat dihindari. gunakan lip balm sebelum melakukan aktifitas dan setelah pulang dari melakukan aktifitas atau saat hendak tidur.




2.Minum air putih
Kekurangan cairan dapat menyebabkan bibir anda kering dan pecah-pecah. Selain itu, kekurangan cairan dapat menyebabkan dehidrasi.

3.Jangan menjilati bibir 
Salah satu penyebab bibir kering dan pecah-pecah dikarenakan seringnya anda menjilati bibir anda. Air liur menyebabkan bibr anda kering dan pecah-pecah. Karena air liur menyebabkan kondisi kelembaban bibir berkurang. Dan apabila bibir anda kering dan pecah-pecah jangan sekali-kali untuk mengelupasnya karena akan menyebabkan bibir berdarah dan memperlama proses penyembuhan.

4.Hubungi dokter
Apabila sudah menggunakan lip balm menyebabkan bibir anda pecah-pecah sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter. Dengan begitu anda tahu mana lip balm yang aman dan sesuai dengan kondisi bibir anda. Penggunaan lip balm yang berangsur lama juga tidak baik untuk kesehatan bibir anda bahkan dapat menyebabkan infeksi dan masalah yang lebih serius.

Itulah 4 hal yang perlu anda lakukan supaya tidak mengalami bibir pecah-pecah. Semoga dengan melakukan 4 hal tersebut anda memiliki bibir yang sehat dan lebih percaya diri untuk melakukan aktifitas anda.