Hati-hatilah Dengan 4 Hal Ini yang Dapat Menyebabkan Penuaan Dini

Tua memang menjadi siklus kehidupan, setiap orang pasti akan mengalaminya jika diberikan umur yang panjang. Tetapi penuaan dini itulah yang dikhawatirkan, penuaan yang belum saatnya biasanya dipengaruhi beberapa factor salah satunya adalah faktor genetik. Selain itu gaya hidup dan pola makan dari seseorang dapat berpengaruh dalam penuaan. Kira-kira apa lagi yang menjadi penyebab penuaan, berikut adalah beberapa hal yang menyebabkan penuaan:

1.Radikal bebas
Radikal bebas yang masuk kedalam tubuh akan menyebabkan penuaan dini terhadap seseorang. Karena radikal bebas akan merusak sel-sel yang berada didalam tubuh. Radikal bebas juga dapat mnyebabkab timbulnya kanker. Untuk membatasi adanya radikal bebas sebaiknya menghindari rokok, paparan sinar matahari yang berlebihan dan daging yang hangus. Untuk menetralkan ataupun mengurangi radikal bebas yang masuk kedalam tubuh sebaiknya menkonsumsi buah dan sayuran yang kaya akan anti oksidan dan yang paling baik adalah sayuran dan buah-buahan organic.





2.Peradangan
Peradangan merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami penuaan dini. Peradangan kronis dapat menyebabkan penyakit kanker, jantung dan Alzheimer. System imunitas yang biasanya akan menurun ketika terjadi peradangan. Itulah kenapa orang yang mengalami peradangan akan terlihat lebih tua dibanding dengan orang yang sehat. Olahraga yang teratur dapat mencegah terjadinya peradangan dalam tubuh seseorang.

3.Glikasi
Glikasi adalah terlalu banyak seseorang dalam menkonsumsi gula sehingga dapat menyebabkan penuaan. Asosiasi jantung diamerika  menyebutkan  bahwa wanita mengkonsumsi tidak lebih dari 100 kalori per hari dari gula yang ditambahkan, dan laki-laki tidak lebih dari 150 kalori per hari. Selain meningkatkan risiko penyakit jantung, dan diabetes dapat menyebabkan darah menjadi lengket sehingga aliran darah dalam kapiler tidak lancar. Sebaiknya konsumsilah makanan yang rendah gula sehingga penuaan dini dapat dihindari.

4.Stress
Stress ataupun tekanan yang dihadapi seseorang akan menyebabkan penuaan. Ini dikarenakan stress dapat mengakumulasi lemak yang berada didalam perut sehingga menyebabkan peadangan dan resistensi insulin. Manajemen stress sangatlah penting untuk menghindari penuaan dini. Lakukanlah relaksasi seperti yoga, dan beribadah sehingga membuat tubuh terasa tenang.

Itulah 4 hal yang menyebabkan penuaan dini pada seseorang, gaya hidup sehat sangat penting terhadap kesehatan tubuh dan penuaan dini.