6 Manfaat Ketika Mengkonsumsi Kecambah

Kecambah, sayuran yang memiliki bentuk yang kecil ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh seseorang. Kandungan nutrisi dalam kecambah tiap 28 gr yaitu kalsium 5,8 mg, potassium 54,3 mg, magnesium 6,4 mg, protein 1 gr. Dan masih banyak lagi kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Setelah mengetahui kandungan yang terdapat pada kecambah, sebaiknya anda harus menjadikannya sebagai prioritas ketika makan setidaknya anda rutin untuk makan kecambah entah sebagai lalapan atau juga bisa dibuat minuman seperti jus sayuran. Berikut adalah manfaat kecambah untuk kesehatan tubuh:

1.Mencegah osteoporosis
Kecambah memiliki kandungan kalsium yang cukup baik untuk menjaga kesehatan tulang anda. Sehingga dapat menegah tulang keropos, meningkatkan ketebalan tulang dan memperbaiki ketebalan tulang.




2.Meningkatkan kesuburan sperma
Kandungan vitamin E pada kecambah dapat meningkatkan kualitas sperma anda. Keseuburan sperma sangat penting untuk mendapatkan keturunan, mengkonsumsi kecambah secara rutin sangat baik  untuk meningkatkan kesuburan sperma anda.

3.Baik untuk pencernaan
Karena kecambah bersifat basa maka membantu dalam keasaman lambung sehingga menjaga keseimbangan pencernaan. Selain itu, kandungan serat yang terdapat dalam kecambah dapat memperlancar ketika buang air besar.

4.Kulit menjadi sehat
Kecambah juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan vitamin E yang terdapat pada kecambah dapat menyegarkan dan melembutkan kulit. Selain itu, kandungan anti oksidan pada kecambah dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh sehingga kesehatan tubuh anda tetap terjaga.

5.Mencegah serangan jantung dan stroke
Ketika seseorang memiliki kolestrol yang tinggi akan memacu serangan jantung dan stroke. Dengan mengkonsumsi kecambah dapat mengurangi lemak jahat dalam tubuh karena adanya kandungan saponin dalam kecambah.

6.Mencegah anemia
Anemia disebabkan karena tubuh kekurangan zat besi, zat besi berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dengan mengkonsumsi kecambah secara rutin dapat mencegah anemia sehingga memiliki tubuh yang prima dan tidak mudah lelah.

Itulah 6 manfaat kecambah bagi kesehatan tubuh, yang terpenting dalam pengolahan kecambah juga harus diperhatikan. Karena terkadang kecambah hanya dicuci dengan air biasa yang tidak bisa membunuh bakteri. Sebaiknya kecambah direndam dengan air panas sehingga bakteri tidak ikut dikonsumsi.