Inilah Manfaat Yang Didapat Ketika Rutin Berjalan Kaki

Semakin banyaknya alat transportasi yang ada membuat seseorang tidak mau bahkan malas untuk jalan kaki. Bahkan untuk menenpuh jarak yang begitu dekat mereka menggunakan sepeda motor, padahal sepeda motor menimbulkan polusi udara. Kurang sadarnya akan kesehatan yang didapat dari jalan kaki membuat mereka malas untuk jalan kaki. Mungkin mereka berfikiran bahwa jalan kaki hanya menghambat waktu produktif mereka. Padahal jalan kaki memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, berikut adalah manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh:

1.Memiliki jantung yang sehat
Berjalan kaki akan membuat jantung memompa darah keseluruh tubuh dengan cepat sehingga membuat jantung kuat dan sehat. Selain itu, aliran darah keseluruh tubuh menjadi lancar yang membuat anda terhindar dari penyakit jantung maupun stroke. Jalan kaki secara rutin juga akan menurunkan kadar kolestrol jahat yang ada didalam tubuh sehingga tekanan darah menjadi normal.



2.Mengurangi resiko terkena penyakit
Kebiasaan berjalan kaki akan mengurangi resiko seseorang terkena penyakit diabetes tipe 2, asma dan kanker. Berjalan kaki secara teratur dapat mengurangi resiko hingga 60%. dibandingkan dengan yang tidak aktif, berjalan kaki secara teratur  memiliki 20% lebih rendah terkena resiko penyakit kanker.

3.Memiliki berat badan yang ideal
Dengan berjalan kaki selama 30 menit dapat membakar kalori anda sebanyak 75-90 kalori, semakin cepat dan semakin lama anda berjalan maka kalori yang dibakar akan semakin besar. Selain itu, berjalan kaki akan menambah massa otot anda sehingga memiliki metabilisme tubuh yang lebih baik sehingga pembakaran kaloripun juga terjadi dengan baik.

4.Menyehatkan tulang dan persendian
Berjalan kaki membuat berat badan bertumpu pada kaki, sehingga membuat tulang kaki menjadi kuat. Persendian yang berada dikaki akan menjadi sehat dan dapat mencegah terjadinya arthritis.

5.Lebih berenergi
Orang yang tidak rutin berjalan kaki akan lebih lesu dan kurang bersemangat, beda dengan orang yang ruitn berjalan kaki. Berjalan kaki secara rutin akan membuat sirkulasi dan suplai oksigen ketubuh menjadi lancar sehingga membuat orang lebih bersemangat dan berenergi

Itulah 5 manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh, masih malaskah untuk jalan kaki? Jika anda masih merasa malas, ajaklah orang disekitar anda untuk jalan kaki secara bersama. Berjalan kaki secara bersama entah dengan keluarga, teman atau tetangga akan membuat anda lebih bahagia dan itu menyehatkan bagi kesehatan tubuh anda.