5 Buah yang Baik Untuk Dikonsumsi Oleh Penderita Diabetes

Buah-buahan memang sangat baik untuk kesehatan tubuh bahkan penderita diabetes pun tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi buah-buahan tetapi tidak semua buah-buahan bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes adalah buah-buahan yang memiliki indeks glikemik dibawah 50. Apa itu indeks glikemik? Indeks glikemik adalah secepat apa makanan yang mengandung karbohidrat diubah menjadi glukosa darah. Apa saja buah-buahan yang memiliki indeks glikemik dibawah 50 dan baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes? Berikut adalah beberapa ulasan buah-buahan yang baik untuk penderita diabetes:

1.Jeruk
Jeruk, buah bulat yang berwarna kuning ketika masak memiliki kandungan vitamin C dan serat yang tinggi yang mana kadungan tersebut membantu dalam mengontrol kadar gula darah. Kandungan naringenin pada buah jeruk membantu menyeimbangkan kadar insulin dan glukosa didalam darah. selain itu, jeruk yang memiliki kandungan lemak yang rendah dapat mencegah anda memiliki berat badan yang berlebih. Memiliki berat badan yang berlebih menjadi salah satu penyebab menderita diabetes. Untuk indeks glikemik memiliki peringkat 48, sehingga baik untuk penderita diabetes.



2.Pir
Buah pir dapat membantu menurunkan kolestrol dan menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, serta sebagai antioksidan bagi tubuh. Buah pir yang mengandung serat, vitamin A, B1. B2, C, E, kalium, niasin, kalsium, besi dan magnesium sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh. Apalagi indeks glikemik yang dimiliki sangat rendah yaitu peringkat 38 sehingga sangat baik untuk penderita diabetes.

3.Ceri
Kandungan antosianin pada buah ceri dapat menurunkan kadar gula darah dengan menigkatkan kadar insulin. selain itu buah ceri jugamengandung antioksidan, vitamin C, alium, magnesium, besi, dan serat. untuk indeks glikemiknya, buah ceri memiliki peringkat terendah yaitu pada peringkat 22.

4.Apel
Indeks glikemik pada buah apel yaitu pada peringkat 38 sehingga baik untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Apalagi kandungan pektin yang terdapat pada buah apel dapat membantu tubuh untuk detoksifikasi tubuh. Pektin juga mengandung asam galacturonic yang telah terbukti untuk menurunkan kebutuhan insulin penderita diabetes hingga 35%.

5.Kiwi
Kadar serat yang tinggi pada buah kiwi dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kolestrol. Selain itu, buah kiwi mengandung vitamin C, E dan A, flavonoid dan berbagai mineral. Bahkan, buah kiwi mengandung vitamin C yang lebih banyak dari jeruk, dan juga kandungan kalium yang lebih dari pisang. Vitamin dalam buah kiwi memberikan perlindungan radikal bebas meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Demikian 5 buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes, jangan berlebihan dalam mengkonsumsinya dan berhati-hati. Dan yang terpenting konsultasikan dengan dokter, karena lebih mengerti kondisi tubuh anda.