5 Pengaruh Kafein Terhadap Tubuh yang Perlu Diperhatikan

Kafein, merupakan senyawa stimulan  yang biasanya membuat seseorang terjaga sehingga tidak mudah mengantuk. Kandungan kafein terdapat pada kopi, teh, coklat dan soda dari semua itu kopilah yang memiliki kandungan kafein tertinggi.  Banyak orang yang mengkonsumsi kafein setiap harinya baik dalam bentuk makanan maupun minuman. untuk orang dewasa yang paling sehat untuk mengkonsumsi sampai 2.400 miligram kafein per hari. perhatikan label kemasannya berapa kadar kafeinnya sehingga tidak memberikan efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa pengaruh kafein terhadap tubuh:

1.Sistem saraf pusat
Kafein memberikan stimulan yang sangat cepat ke otak, yang mana dapat mempengaruhi tingkat kewaspadaan seseorang. Dengan begitu seseorang akan lebih terjaga dan menghilangkan rasa kantuk. Akan tetapi terlalu banyak kafein akan membuat anda sakit kepala.




2.Sistem pencernaan dan ekskresi
Kafein membuat asam lambung diperut meningkat sehingga menyebabkan sakit perut maupun mulas. Selain itu, kafein tidak membuat rasa haus menjadi hilang dan kafein diproses dalam hati kemudian dikeluarkan bersama urin.

3.Peredaran darah
Kafein membuat peredaran darah menjadi lebih cepat, dalam jangka panjang akan membuat jantung tidak berdetak dengan teratur. Overdosis kafein dapat menyebabkan detak jantung cepat  dan kesulitan bernapas. Dalam beberapa kasus, overdosis  kafein dapat menyebabkan kematian akibat kejang atau detak jantung yang tidak teratur.

4.System otot dan tulang
Terlalu banyak mengkonsumsi kafein dapat menyebabkan otot nyeri maupun pegal. Selain itu penyerapan kalsiun juga tidak optimal sehingga dapat menyebabkan tulang keropos

5.Sistem reproduksi
Kafein yang mengalir dalam darah akan menuju ke plasenta yang mana dapat mempengaruhi kesehatan janin. Dengan adanya kafein yang menuju keplasenta membuat metabolism pada janin terganggu. Selain itu, jumlah kafein yang berlebihan dapat mengganggu produksi estrogen dan metabolisme, sehingga membuat seorang ibu sulit untuk hamil.

Demikian 5 pengaruh kafein terhadap tubuh yang perlu diperhatikan supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.