7 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh

7 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh-Terong yang bisa dijadikan alternatif dalam membuat sayur dan rasanya pun tidak kalah dengan sayuran yang lainnya.Tanaman ini berasal dari Sri Lanka dan India. Buah ini memiliki berbagai warna ungu, hijau dan putih. Di Indonesia, terong sering terlibat dalam berbagai hidangan, dari sayuran tumis, sayur terong balado dan jenis olahan sayur lainnya. Seperti sayuran lainnya, terong memberikan berbagai manfaat kesehatan. Terong kaya vitamin C, kalium, vitamin B6, tiamin, niasin, magnesium, fosfor, tembaga, serat, folat, kalium dan mangan. Selain itu, terong mengandung sedikit kolesterol atau lemak jenuh.

Berikut adalah manfaat terong bagi kesehatan tubuh: 

1. Menjaga sistem pencernaan

Seperti sayuran lainnya, terong merupakan sumber tinggi serat makanan. Serat sangat penting untuk sistem pencernaan yang sehat dan buang air besar lancar. Serat juga merangsang sekresi asam lambung yang kondusif untuk pencernaan dan penyerapan nutrisi makanan. Serat ini juga sering dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung, karena dapat membantu membersihkan tubuh dari kolesterol "jahat" yang dapat menyumbat arteri, vena, arteri yang disebabkan oleh aterosklerosis, serangan jantung dan stroke.

7 Manfaat Terong Bagi Kesehatan Tubuh


2. Menurunkan berat badan

Terong adalah makanan yang baik yang membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini karena terong rendah karbohidrat, padat gizi dan rendah kalori. Secangkir terong hanya mengandung 8 gram karbohidrat. Terong adalah berglikemik makanan rendah, yang berarti tidak akan ada dampak yang signifikan pada kadar gula darah sejumlah kecil karbohidrat dalam terong (kunci lain untuk mengoptimalkan penurunan berat badan).

3. Menjaga sistem imunitas tubuh

Terong juga merupakan antioksidan, untuk menjaga tubuh melawan penyakit dari berbagai penyakit. Vitamin C  dalam terong merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh. Selain vitamin C, terong juga mengandung mangan, antioksidan alami, itu merupakan mineral penting. Selain itu, terong mengandung asam klorogenat dan nasunin, dua antioksidan organik, dapat menghambat radikal bebas, serta memiliki anti-bakteri dan anti-virus. Kehadiran antioksidan dalam tubuh akan membuat sistem organ tubuh terlindungi dari infeksi dan penyakit, termasuk kanker dan penyakit jantung.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Senyawa fenolik yang terkandung dalam terong melindungi dari degradasi tulang dan tulang osteoporosis. Senyawa fenolik yang terkandung dalam warna kulit buah, termasuk senyawa ynag sangat bermanfaat bagi tubuh manusia. Senyawa fenolik juga mungkin telah mengurangi risiko osteoporosis dan meningkatkan kekuatan tulang dan kepadatan mineral tulang yang terkait dengan itu. Terong juga mengandung zat besi dan kalsium yang tinggi, di mana zat ini memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan tulang. Nutrisi lain terong, kalium, juga berperan dalam penyerapan kalsium. Fakta-fakta ini membuat makanan terong adalah untuk mempertahankan tulang secara keseluruhan kesehatan yang sangat berguna.

5. Mencegah Anemia

Kekurangan zat besi bisa menjadikan kesehatan menurun secara keseluruhan cukup berbahaya, dan dapat menyebabkan anemia. Anemia ditandai dengan sakit kepala dan migrain, kelelahan, kelemahan, depresi dan gangguan kognitif. Makan makanan kaya zat besi untuk melawan anemia, terong mengandung cukup zat besi. Dalam komponen penting lain dari tembaga terong. Tanpa dua mineral tersebut, jumlah sel darah merah dalam tubuh akan terus menurun. Jumlah sel darah merah untuk memelihara normal akan menjaga kesehatan keseluruhan tubuh Anda memiliki dampak positif, dan  menghindari anemia.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Terong telah dikenal sebagai booster yang mengandung aktivitas kognitif umum dan fitonutrien kesehatan mental. Nutrisi ini tidak hanya sebagai perlindungan terhadap radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, tetapi juga dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Degan lancarnya aliran darah keotak, dapat meningkatkan memori dan membuat berpikir lebih cepat. Kalium Terong juga dikenal sebagai vasodilator dan sebagai penguat otak, sehingga secara keseluruhan, sayuran ini bisa disebut makanan untuk otak.


7. Menjaga kesehatan jantung

Ada beberapa hal yang membuat terong dikatakan untuk menjaga jantung Anda sehat. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, terong dapat membantu mengurangi kolesterol "jahat" dan dapat merangsang  penyerapan kolesterol dengan baik. Atas dasar keseimbangan kolesterol tubuh terus berfluktuasi, makanan yang kita makan, tapi kami memiliki kolesterol HDL lebih, maka itu akan lebih baik. Kolesterol LDL bisa mencegah serangan jantung, stroke, aterosklerosis. Bioflavonoid terong menurunkan tekanan darah, sehingga dapat  meningkatkan kesehatan jantung Anda dan dapat menurunkan ketegangan dan stres pada sistem kardiovaskular.

Demikian 7 manfaat terong bagi kesehatan tubuh, tetapi ada beberapa orang yang alergi dengan terong. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter apabila anda alergi dengan terong. Dengan begitu, setidaknya tidak membuat anda tersiksa hanya karena mengkonsumsi terong dan membuat tubuh anda alergi
rumus ideal berat badan, serit rambut, mainan untuk anak 1 tahun, rumus berat ideal, menghitung bb ideal