6 Manfaat Serat Bagi Tubuh Manusia

Manfaat Serat Bagi Tubuh Manusia-Serat memang sangat penting bagi kesehatan tubuh. Begitu pentingnya bagi tubuh sampai beberapa perusahaan membuat minuman instan yang banyak mengandung serat. Serat telah ditunjukkan untuk membantu pencernaan. Selain itu, serat juga dapat mencegah beberapa penyakit. Kebanyakan orang hanya tahu manfaat serat untuk kesehatan pencernaan. Meskipun serat juga memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh, seperti makanan kesehatan dan zat-zat lain yang dibutuhkan tubuh itu sama pentingnya. Berikut  adalah beberapa manfaat serat bagi tubuh manusia:

1. Sistem pencernaan
Untuk masalah pencernaan tidak diragukan lagi, banyak orang yang memiliki masalah pencernaan, sehingga sulit buang air besar. Hal ini mungkin karena kurangnya asupan serat per hari. Jika Anda sering mengalami, asupan serat harian terbaik ini diperlukan agar pencernaan Anda tidak menjadi masalah.

Manfaat Serat Bagi Tubuh Manusia

2. Untuk menjaga kesehatan usus
Meskipun secara langsung tidak ada kaitannya antara serat dengan usus besar terhadap  penyakit kanker. Namun, makan makanan berserat secara tidak langsung dapat menjaga kesehatan usus secara keseluruhan.

3. Membuat umur lebih panjang
orang yang mengonsumsi 14 gram per 1.000 kalori harian serat makanan, dapat untuk hidup sembilan tahun kedepan dibandingkan orang yang tidak memenuhi kebutuhan sehari-hari terhadap serat.

4. Pencegahan diabetes
Makanan tinggi serat disebut juga cukup kuat untuk memperlambat penyerapan gula darah. Akibatnya, orang-orang yang setiap hari selalu mampu memenuhi kebutuhan serat akan memiliki risiko diabetes tipe 2 lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak makan serat.

5. mencegah serangan jantung
Menurut sebuah studi jangka panjang, makan serat juga terkait pencegahan penyakit jantung. Selain itu, studi ini juga menunjukkan bahwa serat dapat mencegah peradangan dan menurunkan tekanan darah.


6. Menjaga berat badan tetap ideal
Serat memiliki kecenderungan untuk mendapatkan efek yang cukup untuk waktu yang lama. Ini dapat dimanfaatkan, terutama bagi mereka yang berdiet, sehingga secara efektif dapat mengurangi berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Demikian manfaat serat bagi kesehatan tubuh, semoga dengan memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dapat membuat tubuh selalu sehat dan tentunya terhindar dari penyakit yang tidak diinginkan.