6 Kebiasaan Yang Buruk Bagi Jantung

6 Kebiasaan Yang Buruk Bagi Jantung - Jantung adalah salah satu organ paling penting dari tubuh manusia. Jantung memompa darah keseluruh tubuh sehingga memiliki peranan yang sangat penting. Oleh karena itu, menjaga kesehatan jantung adalah suatu kewajiban. Menjaga kesehatan jantung dimulai dari kebiasaan atau pun gaya hidup seseorang. Kebiasaan buruk
dapat menyebabkan menurunnya kesehatan jantung, maka sangatlah penting kita untuk menjaga kebiasaan tersebut. Untuk lebih jelasnya. simaklah beberapa kebiasaan yang berakibat buruk pada kesehatan jantung dibawah ini: 

1. Minuman Beralkohol
Alkohol sering menjadi masalah utama bagi kesehatan, termasuk salah satunya adalah kesehatan jantung. Alkohol meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, dan jika ini berlanjut maka mengakibatkan serangan jantung dan faktor risiko stroke. Selain itu, alkohol dapat menyebabkan pembesaran jantung, otot jantung lemah, yang pada gilirannya membuat jantung tidak dapat memompa darah ke tubuh secara efektif, dan ini disebut dengan gagal jantung.

6 Kebiasaan Yang Buruk Bagi Jantung


2. Makan banyak garam
Sering berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak garam tidak baik untuk kesehatan jantung. Namun, jika Anda secara teratur makan makanan yang mengandung banyak garam, anda mengalami tekanan darah tinggi. Hal ini pada gilirannya meningkatkan kemungkinan serangan jantung dan stroke.

3. Kurang olahraga
Olahraga secara teratur sangatlah penting karena dapat menjaga berat badan yang ideal sehingga tidak terjadi obesitas, situasi ini sangat berbahaya untuk kesehatan jantung. Olahraga dapat membuat fungsi otak dan jantung kembali normal, darah dan oksigen mengalir lebih lancar.

4. Terlalu banyak makan
Ontario, Kanada, di Jantung dan Stroke Foundation merekomendasikan, makan berlebihan menyebabkan serius terhadapa kesehatan, terutama kesehatan jantung. Efek negatif dari makan berlebihan adalah refluks asam, kolesterol tinggi, hipertensi dan asma, beberapa di antaranya adalah faktor yang dapat mengganggu kesehatan jantung.

5. Merokok
Faktor merokok, salah satu dari serangan jantung. Ini juga merupakan peringatan oleh pemerintah di setiap paket yang merokok dapat menyebabkan serangan jantung, kanker dan masalah kesehatan lainnya diperkuat. Diadaptasi dari WebMD.com, hampir 20% dari kematian penyakit jantung di Amerika Serikat secara langsung berkaitan dengan merokok. Hal ini karena merokok merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.


6. Kurang tidur
Orang-orang yang tidak mendapatkan kuantitas tidur yang cukup ketidakseimbangan hormon. Hal ini dapat menyebabkan fungsi interrupt jantung. Gangguan tidur, yang dapat menyebabkan seseorang tidak cukup tidur, meningkatkan penyakit jantung, serangan jantung, gagal jantung, aritmia, risiko hipertensi, stroke dan diabetes.

itulah 6 kebiasaan yang dapat menggangu kesehatan jantung, maka sangat penting untuk memperhatikan kebiasaan yang anda lakukan supaya anda memiliki jantung yang sehat.