15 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Medis

Cara menghilangkan stretch mark - Stretch mark atau tanda kerutan pada umumnya dialami oleh wanita yang sedang hamil renta (ibu hamil) atau pada wanita pasca melahirkan. Secara pengertian streth mark  itu sendiri yaitu garis atau guratan yang terlihat tak beraturan dapat bewarna putih ataupun kemerahan pada kulit yang dapat terbentuk dikarenakan elastisitas kulit melebihi batasnya.

Tanda ini juga dapat dialami oleh mereka yang memiliki berat tubuh berlebih kemudian menjadi kurus atau kondisi sebaliknya yang terjadi dalam waktu yang singkat kemudian dapat juga dipengaruhi oleh faktor keturunan dan memiliki warna kulit putih juga mempunyai resiko terkena kerutan pada kulit. Disamping itu, munculnya tanda kerutan juga dapat dipengaruhi oleh beberapa penyebab berikut ini antara lain :
  • Adanya gangguan kesehatan pada tubuh yang dikarenakan tubuh memproduksi hormon kortisol secara berlebihan dan memiliki kelainan gen sehingga mensugesti jaringan kulit
  • Mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki kadar kortikosteroid tinggi yang mana obat jenis ini dapat merusak kalogen kulit
  • Kurang mengkonsumsi nutrisi yang mengandung vitamin A, C dan E
  • Perubahan berat tubuh yang tidak teratur yang menjadikan perenggangan pada lapisan tengah kulit dalam jangka waktu yang lama
  • Sering mengkonsumsi makanan yang berkalori dan berlemak tinggi
Usia muda pada masa pubertas juga dapat mengalami kerutan dikarenakan pada masa ini pertumbuhan fisik dapat berubah sewaktu-waktu tergantung dengan contoh makan dan hidup sehat yang diterapkan. tanda kerutan ini pun dapat hilang dengan sendirinya jikalau diiringi dengan kegiatan olahraga yang rutin.

Stretch

Pada ketika stretch mark akan mulai terbentuk biasanya ditandai dengan lapisan kulit luar akan menipis kemudian muncul garis atau guratan yang berwarna kemerahan dengan rasa gatal-gatal. Warna kemerahan pada kulit muncul dikarenakan menipisnya lapisan kulit dermis sehingga pembuluh darah dibagian bawah kulit muncul kepermukaan. Jika pembuluh darah mengerut, guratan tadi akan tampak putih.

Pada umumnya, episode tubuh yang dapat menimbulkan kerutan pada kulit misalnya pada episode payudara, lengan atas, pantat (bokong), paha dan perut episode atas. Dikarenakan pada episode tubuh ini, tingkat fleksibelitas kulit tinggi dan tempat menumpuknya timbunan lemak sehingga akan mudah mengecil ataupun melar.

Dapatkah Dihilangkan ?

Dalam jangka waktu tertentu kerutan bekerjsama dapat hilang dengan sendirinya jikalau diiringi dengan olahraga yang teratur dan menghindari jenis makanan-makanan terentu menyerupai makanan yang mangandung lemak dan berkalori tinggi.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan tanda kerutan ini. Diantaranya menjalani perawatan yang dilakukan secara medis ataupun dapat dilakukan secara berdikari dengan menggunakan bahan-bahan alami.

A. Mengatasi Secara Medis

Untuk menerima hasil yang cepat, biasanya cara ini sering dilakukan oleh wanita. Karena cara yang digunakan cukup efektif dan tidak merepotkan. Namun, terkadang membutuhkan tak sedikit biaya lho...

1. Kosmetik
Sebenarnya cara ini tak cukup ampuh untuk menghilangkan. Hanya dapat bertahan 2 hingga 3 hari saja. Kosmetik ini terbilang khusus yang dijual bebas dengan pilihan warna menyesuaikan dengan warna kulit. Penggunaannya pun cukup mengoleskannya saja.

2. Krim Salep
Banyak sekali pruduct kecantikan berupa krim atau salep yang dapat anda beli di apotek terdekat. Apalagi ada product tertentu yang mengiklan product nya ini di media televisi swasta ketika ini yang memperlihatkan bisa menghilangkannya. Penggunaan krim ini sebaiknya tidak dilakukan pada ketika hamil atau sedan menyusui. Sifat dari krim biasanya untuk menstimulasi pertumbuhan kolagen kulit yang membuatnya menjadi lebih sehat. 

3. Laser
Cara kerja dari laser yaitu dengan menyinari episode yang terdapat tanda kerutanyang kemudian sinar laser tersebut diserap oleh pembuluh darah di bawah lapisan stretch mark yang membuatnya berubah warna menjadi putih. Sebenarnya cara ini bukan menghilangkan, tapi membuatnya menjadi tidak tampak.

B. Mengatasi Secara Alami

Langkah yang dilakukan berikut ini cenderung membutuhkan waktu yang tak singkat. Namun, bicara soal hasil pasti memuaskan jikalau dilakukan dengan rutin dan penuh ketekunan. Selain biaya yang dikeluarkan terjangkau, disisi lain menggunakan cara ini tergolong aman bagi kesehatan.

Cara ini dapat dilakukan oleh siapa saja misalnya pada ibu pasca melahirkan, tanpa ada efek samping sedikitpun. Berbagai kerutan kulit lainnya menyerupai terdapat kerutan garis di perut yang bukan stretch mark juga dapat dihilangkan. Inilah cara menghilangkan stretch mark secara alami :

4. Kentang 
Kentang yaitu jenis umbi-umbian yang mempunyai banyak manfaat bagi kecantikan dan kecantikan kulit. Salah satu manfaat dari kentang yaitu bisa digunakan sebagai materi alami untuk menghilangkan kerutan pada episode kulit, paha, perut, dan episode lainnya. Anda cukup mengirisnya secara tebal dan mengoleskan secara merata pada episode yang terdapat tanda kerutan. Alternatif lain,anda dapat membuat masker yang terbuat dari kentang untuk perawatan kulit.

5. Kopi 
Menghilangkan strech mark dengan kopi mungkin sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang. Bahkan kopi juga bisa digunakan untuk menghilangkan strech mark di episode tertentu, menyerupai paha dan perut. Supaya khasiat kopi yang didapatkan semakin maksimal, gunakan biji kopi yang sudah dihaluskan secara langsung. 

Tidak dianjurkan menggunakan kopi yang sudah diseduh oleh air panas, atau kopi manis, bahkan kopi yang sudah tercampur dengan bahan-bahan tertentu. Hanya gunakan kopi yang masih alami. Caranya cukup mudah, yakni hanya dengan mencampurkan kopi dengan air hangat 
hingga berbentuk pasta, kemudian oleskan secara rutin pada episode kawasan yang terkena strech mark.

6. Putih telur 
Ambil telur ayam kampung atau telur bebek. Pecahkan telur tersebut kemudian pisahkan kuning telurnya, andadian kocok hingga mengeluarkan sedikit busa atau buih. Oleskan putih telur dengan rata pada episode yang memiliki kerutan selama 30 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. 

7. Konsumsi Air Putih Secukupnya
Tanda ini juga dapat muncul disebabkan oleh elastisitas kulit yang mengalami penurunan. Untuk menjaga elastisitas kulit tersebut, disarankan untuk meminum air putih secukupnya minimal 8 gelas/hari. Dengan mengkonsumsi air putih secara teratur dan rutin, maka elastisitas kulit lebih alami.

8. Lidah Buaya
Tanaman ini memang sungguh luar biasa manfaatnya yang dapat digunakan sebagai obat tradisional maupun sebagai materi olahan product kecantikan. Cara penggunaannya cukup mudah, ambil secukupnya gel pengecap buaya dan oleskan pada episode yang terdapat kerutan. Diamkan selama 15 menit semoga meresap ke lapisan dermis kulit. Cuci bersih dengan air hangat.

9. Bubuk Coklat
Kandungan kolagen yang terdapat dalam abu coklat akan bisa menormalkan kembali kondisi kulit. Bubuk coklat yang dimadsud yaitu abu coklat murni. Sediakan saja secukupnya abu coklat dan tambahkan sedikit air sehingga membuatnya menjadi menyerupai pasta. Oleskan pada permukaan kulit. Diamkan selama 20 menit dan basuh bersih jikalau sudah selesai.

10. Wortel
Penggunaanya dengan mengambil pati hasil parutan wortel. Dari pati tersebut dioleskan/tempelkan pada episode yang memiliki stretch mark dan diamkan selama 15 menit.

11. Buah Lemon
Kandungan senyawa vitamin C pada buah ini cukup tinggi yang akan membantu mengoptimalkan reproduksi sel-sel kulit mati dan membantu memperoduksi zat kolagen dalam tubuh. Penggunaannya pun sangat sederhana saja, hanya dengan mengoleskan hasil potongan buah lemon kemudian dioleskan pada episode yang terdapat guratan. Diamkan selama 15 menit.

12. Cuka Apel
Selain ampuh sebagai obat watu empedu, cuka apel juga memiliki kegunaan mengatasi persoalan ini. Cara menggunakannya pun cukup mudah hanya dengan mengoleskannya dimalam hari secara rutin.

13. Minyak Jarak
Memang agak sulit untuk menemukan pohon ini. Namun, khasiat yang dihasilkan dari minyak ini sudah terbukti mengatasi permasalahan kecantikan menyerupai menghilangkan keriput, semoga kulit tampak kencang dan tetap kekal muda. Cara yang dilakukan sama dengan yang lainnya, cukup dengan mengoleskannya dan diamkan selama 20 menit.

14. Gula
Penggunaan gula akan membantu proses pengelupasan kulit mati. Untuk menggunakannya ambil gula secukupnya yang ditambahkan dengan air perasan buah lemon. Selanjutnya oleskan dan diamkan selama 20 menit.

15. Minyak Zaitun
Berbagai nutrisi dalam minyak zaitun menyerupai vitamin A, D dan E cukup ampuh mengatasi persoalan pada kulit. Gunakan minyak ini pada episode yang akan diobati dengan cara mengoleskan dan meijatnya dengan lembut.

Cukup memilih cara menghilangkan stretchmark di atas salah satunya saja, lakukan dengan rutin pastinya penuh dengan kesabaran. Untuk melihat hasilnya, sudah tampak ada perubahan pada 1 ahad pertama.


Tindakan Pencegahan

Jika sudah sembuh dan hilang dari tubuh anda, langkah selanjutnya yaitu tindakan pencegahan jangan hingga muncul kembali. Nah, bagi yang belum mengalami persoalan kesehatan pada kulit ini, sebaiknya lakukan tindakan pencegahan berikut ini :
  • Tidak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung kortikosteroid dalam jangka waktu yang panjang
  • Jangan biarkan berat tubuh turun naik terlalu drastis dalam waktu singkat
  • Apabila sedang dalam masa kehamilan, gunakan stagen yang berfungsi sebagai penopang semoga kulit bawah perut tidak terlalu melar
  • Gunakan minyak zaitun secara rutin ketika hamil, misalnya 1 ahad sekali dioleskan ke perut
  • Lakukan olahraga dan diet yang sehat
  • Biasakan mengkonsumsi makanan yang mengandung kaya vitamin E dan C