17 Cara Mengobati Flu Pilek Sakit Tenggorokan Tanpa Obat Kimia

Flu berat berkepanjangan, pilek, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat merupakan diantara penyakit yang disebabkan oleh abuh dari rhinovirus, coronavirus, influenza menyerang sistem susukan pernafasan episode atas. Infeksi virus biasanya berlangsung selama 4 hari hingga hitungan ahad dengan ditandai sejumlah gejala umum mirip demam, batuk kering, mencicipi tidak enak tubuh (meriang), bersin, sakit kepala, nyeri otot dan sebagainya. Kebanyakan penderita yang mengalami penyakit ini, pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya seiring dengan peningkatan sistem imun. Namun, sebagian kecil darinya dapat mengakibatkan beragam komplikasi akhir flu mirip terkena pneumonia, bronkitis akut, infeksi sinus dan infeksi telinga. Untuk menghindari hal tersebut, adakah cara alami mengobati flu ?

Menyembuhkan flu dengan cara mengkonsumsi obat - obatan tanpa sepengetahuan resep dokter seringkali dilakukan oleh masyarakat kita pada umumnya untuk menerima reaksi cepat meredakan dan mengatasi flu dalam sehari. Padahal tindakan mirip itu sangat tidak dianjurkan, karena akan mengakibatkan dampak negatif bagi kesehatan tubuh dikemudian hari. Padahal setiap jenis obat flu yang beredar, memiliki kandungan senyawa kimia, manfaat dan efek kesehatan yang berbeda pula. Apalagi mengkonsumsi obat tersebut secara berulang kali ketika penyakit flu menginggapi tubuh seseorang, tentu saja akan ada dampaknya bagi kesehatan mirip tekanan darah naik, gangguan buang air kecil, mengantuk dan sebagainya. Sehingga jikalau ingin mengkonsumsinya, pilihlah obat flu yang sempurna dan sudah memiliki label izin edar oleh BPOM.

Dengan bergitu cara mengobati flu secara alami dapat menjadi pilihan terbaik untuk menghilangkan flu, pilek, sakit tenggorokan, hidung tersumbat berkepanjangan menyerang kesehatan tubuh. Bagaimana caranya ? Anda dapat membaca uraiannya lebih lanjut di bawah ini :

Perbedaan Flu dan Pilek 

Ada beberapa pengetahuan yang perlu kami sampaikan terlebih dahulu. Namun, jikalau anda ingin mencari isu cara menyembuhkan flu tanpa membaca isu yang kami berikan terlebih dahulu, silahkan anda pribadi menuju ke isu tersebut di bawah ini. Akan tetapi, kami sarankan untuk membacanya secara perlahan - lahan untuk menambah wawasan anda ihwal penyakit flu dan pilek ini.

Ketika reaksi tubuh menunjukan gejala penyakit berupa bersin, hidung tersumbat, sakit tenggorokan, bunyi serak berair dan mengeluarkan cairan lendir (ingus), lantas selama ini kita seringkali memahami bahwa gejala tesebut yaitu petanda dari suatu penyakit flu atau pilek. Keduanya memanglah sama karena penyakit tersebut mengakibatkan peradangan pada susukan pernafasan atas. Namun, jikalau dlihat dari sisi penyebab, tingkatan level ancaman penyakit dan obatnya bahwa kedua penyakit tersebut sangat berbeda.

Influenza atau yang sering kita menyebutnya dengan nama flu, disebabkan oleh virus RNA termasuk ke dalam familia Orthomyxoviridae. Pada umumnya menyerang unggas dan mamalia, insan juga termasuk. Penyakit ini sifatnya menular melalui droplet (partikel kecil yang dihasilkan ketika seseorang bersin, berbicara dan sebagainya) dan cenderung berat jikalau dibiarkan begitu saja. Influenza cenderung menyebar cepat terutama di ketika animo hujan. Selain itu dapat menular ke orang lain dengan cara berjabat tangan dengan penderita, bercium*n, menggunakan alat minum bersama yang tidak steril dan melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi (selimut atau pegangan pintu).

Kebanyakan orang pada umumnya akan sembuh dalam waktu 1 ahad hingga 2 ahad tanpa memerlukan perlindungan medis. Namun, tak jarang dijumpa pada seseorang yang terinfeksi influenza akan mengakibatkan komplikasi akhir flu mirip terserang pneumonia, bronkitis akut, abuh sinus, abuh tenlinga dan dapat mengakibatkan komplikasi parah lainnya. Bahkan, untuk orang arif balig cukup akal lebih bau tanah dan orang dengan penyakit kronis, jikalau terjadi pneumonia dapat merenggut jiwa seseorang.

Berbagai keluhan kesehatan yang dirasakan oleh penderita pun dapat bermacam-macam tergantung dari jenis virus pada yang menyerang penderita. Gejala flu paling umum yang ditemui mirip :
  • Merasakan nyeri pada tenggorokan, 
  • Nyeri kepala, otot dan persendian, 
  • Merasa kelelahan fisik walaupun tanpa melaksanakan aktivitas, 
  • Mata memerah disertai penigkatan suhu tubuh (38 derajat celcius), 
  • Hidung tersumbat, 
  • Kehilangan nafsu makan,
  • Mengalami batuk disertai lendir, 
  • Demam di malam hari disertai menggigil,
  • Kehilangan indra penciuman disertai bunyi serak basah, 
Selain itu, flu pada kondisi yang cukup berat dapat mengakibatkan rasa mual dan muntah.

sakit
Ilustrasi gambar virus influenza di dalam tubuh
Jika kita sedang mengalami flu, maka secara alami tubuh kita akan membuat antibodi untuk mencegah terjadinya abuh dan mengurangi tingkat keparahan penyakit. Apabila tubuh terinfeksi virus influenza yang sama mirip sebelumnya, maka tubuh kita akan kebal dari penyakit flu. Namun sayangnya, virus influenza sifatnya selalu berubah dengan turunan gres selalu muncul. Disaat kita terinfeksi jenis virus influenza baru, maka tubuh kita tidak mengalami kekebalan dan cenderung akan bereaksi menampakkan gejalanya.

Ada beberapa jenis virus influenza diantaranya dengan pembagian terstruktur mengenai virus influenza type A, B dan C dan ragam jenis lainnya. Virus yang terjadi pada unggas namun dapat menyerang manusia, H5N1, H7N7, H9N2, H5N6, H6N1, H7N9, dan H10N8 termasuk ke dalam virus influenza type A (katagori sangat berbahaya). Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyakit influenza dapat dibaca pada laman wikipedia yang kami taut di sini 

sakit
Perkembangan virus Influenza pada unggas sepanjang tahun yang dapat mengalami mutasi yang dapat menginfeksi manusia
Untuk tindakan pencegahan semoga tidak terkena virus influenza yang sifatnya berbahaya terkadang vaksinasi perlu dilakukan. Sedangkan pengobatannya secara medis akan diberikan beberapa obat seperti tamiflu atau relenza, analgesik, oseltamivir,  antihistamin, acetaminofen dan obat lainnya yang dibuat mesti berdasar atas petunjuk dokter ahli.

Pilek juga termasuk ke dalam penyakit yang dapat menginfeksi susukan pernafasan episode atas pada manusia. Sifatnya lebih ringan dibandingkan dengan penyakit flu. Beberapa penyebab pilek diantaranya karena alergi terhadap sesuatu mirip debu, bulu binatang, aroma yang tak sedap, atau alergi lainnya, abuh pada sinus, disebabkan oleh virus oronaviruses dan rhinoviruses, dan faktor lainnya.

Adanya lendir pada lapisan hidung dan tenggorokan pasti membuat penderitanya merasa terganggu ketika melaksanakan acara tertentu. Beberapa gejala umum memang ibarat flu diantaranya sering bersin, kehilangan indra penciuman, bunyi serak basah, hidung tersumbat disertai lendir (ingus), nyeri tenggorokan dan batuk - batuk. Sebagian besar penyakit pilek diderita oleh anak - anak.

Gejala
Penyakit Pilek
Penyakit Flu
Demam
Jarang terjadi
Disertai demam dan menggigil terutama di malam hari
Sakit Kepala
Jarang terjadi
Iya
Merasa kelelahan
Terkadang dapat terjadi
Iya
Hidung pengap dan tersumbat
Iya
Terkadang dapat terjadi
Rasa sakit di tenggorokan
Iya
Terkadang dapat terjadi
Bersin-bersin
Iya
Terkadang dapat terjadi
Batuk
Batuk kering terkadang mengeluarkan lendir bewarna putih
Batuk berdahak dan sangat mengganggu
Terasa linu disekujur tubuh
Terkadang dapat terjadi
Terkadang dapat terjadi dan lebih parah dari kondisi pilek
Gejala menyerang
Secara perlahan-lahan
Secara tiba-tiba dengan kondisi sebelumnya sehat
Di Derita Oleh
Sebagian besar di alami oleh anak - anak
Dapat di alami semua umur
Tingkat Keparahan Penyakit
Umumnya dapat sembuh sendirinya seiring peningkatan sistem imun
Tingkat keparahan penyakit ergantung dari jenis virus yang menginfeksi tubuh

Jika membaca ulasan singkat di atas, maka dapat kita simpulkan perbedaan flu dan pilek. Untuk mempermudah membedakannya, anda dapat memperhatikan tabel di atas. Sehingga, ketika beberapa gejala muncul selanjutnya dapat tertangani dengan sempurna dalam hal pengobatannya.

Cara Cepat Menyembuhkan Flu dan Pilek Tanpa Obat

Selain menggunakan obat - obatan yang diresepkan oleh dokter ahli, cara cepat sembuh dari flu dan pilek juga dapat menggunakan pengobatan alami yang materi dasar dari obatnya diperoleh dari alam disekitar lingkungan kita. Sebagian besar penderita flu dan pilek memang dapat sembuh dengan sendiri dalam waktu 1 ahad setelah terinfeksi virus seiring dengan peningkatan sistem kekebalan tubuh.

sakit

Namun, untuk mencegah resiko tingkat keparahan penyakit semakin berkembang, maka perlu dilakukan tindakan perlindungan pertama untuk penderita flu dan pilek. Agar acara keseharian tidak terhambat oleh penyakit yang satu ini dan tidak menularkannya kepada orang lain Maka, beberapa tindakan perlindungan pertama yang mesti dilakukan yaitu sebagai berikut :
  1. Mengkonsumsi banyak cairan. Cairan dapat bersumber dari minum air putih sesuai aturan, kuliner sayur sup, jus buah, minuman hangat mirip jahe, serbat dan sebagainya. Tidak dianjurkan mengkonsumsi minuman kemasan atau sachet selama flu dan pilek masih berlangsung. Karena hal tersebut dapat memicu dehidrasi parah. Langkah ini untuk mencegah dehidrasi akhir dari abuh virus

  2. Perbanyak istirahan dan cukup tidur terutama di malam hari. Hal ini bertujuan untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan abuh dan memulihkan kondisi tubuh. Hindari pula terkena panas terik dan cuaca dingin. Apabila cuaca masbodoh melanda, gunakan pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh dari kedinginan

  3. Memaksakan diri untuk makan walaupun sebetulnya tidak nafsu makan. Tindakan ini dapat membantu mempercepat menyembuhkan flu secara alami. Selain itu, makan dapat menunjukkan energi bagi tubuh akhir dari gejala kelelahan fisik dan menjaga kestabilan berat tubuh tubuh serta menjaga asupan nutrisi bagi tubuh. Utamakan mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, mirip brokoli, bayam, paprika, wortel, strawberry dan jeruk. Usahakan makan sempurna waktu tidak menunda lapar

  4. Mengkonsumsi banyak buah terutama yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin B, vitamin C dan vitamin E. Buah - buahan yang termasuk dalam katagori ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara alami. Adapun daftar buah untuk meningkatkan meningkatkan kekebalan tubuh antara lain mirip jeruk, pepaya, kiwi, jambu biji, air kelapa muda, apel, strawberry, mangga, pisang, semangka dan delima. Dapat dikonsumsi secara pribadi ataupun dibuatkan jus buah

  5. Mandi dengan air hangat. Gejala flu dan pilek biasanya disertai meningkatkan suhu tubuh, namun apabila terkena air tubuh terasa dingin. Kondisi disebut demam akhir dari peradangan. Untuk menjaga kestabilan panas tubuh, jikalau anda ingin mandi gunakanlah air hangat kuku sekaligus bertujuan untuk menghilangkan anyir tubuh dan kuman yang melekat di kulit tubuh. Atau jikalau tidak berani untuk mandi, gunakan handuk lembut dan usapkan ke sekujur tubuh hingga ke sela - sela kulit

  6. Menjaga kebersihan lisan dan gigi. Hal ini mengingat ada banyak kuman dan kuman yang terdapat pada lisan dan gigi. Tindakan ini dapat mencegah tingkat keparahan penyakit, radang tenggorokan semakin meluas dan meredakan gejala flu dan pilek. Karena lisan dan gigi paling erat dengan susukan pernafasan episode atas, maka hal ini sangat penting dilakukan. Bersihkanlah lisan dan gigi secara rutin dengan pasta gigi minimal 3 kali dalam sehari

  7. Walaupun dianjurkan untuk melaksanakan istirahat yang cukup, bukan bearti selalu tiduran dalam kondisi bermalas - malas. Melakukan acara olahraga ringan dapat dilakukan latihan pernafasan, jalan kalem atau sejenisnya. Namun, hindari tubuh terlalu lelah. Sangat dianjurkan melaksanakan acara olahraga ringan diantara jam 07.00 hingga jam 09.00 (ketika matahari akan terbit dan sebelum jam 10.00 pagi untuk menghindari bahaya sinar ultraviolet)

  8. Menghindari atau menghentikan kebiasaan buruk yang dapat merugikan tubuh mirip merok^k. Karena asap dari rokok dapat memperparah penyakit serta memperlambat proses penyembuhan. Kandungan senyawa kimia berbahaya pada rok*k juga dapat merusak lapisan mukosa pada susukan pernafasan episode atas (hidung), sehingga kuman ataupun virus dapat masuk dan berkembang biak dengan mudah
Setelah melaksanakan beberapa tindakan di atas, langkah selanjut mengenai cara mengobati flu tanpa obat dapat dilakukan dengan beberapa cara di bawah ini. Cara ini juga dapat menyembuhkan pilek, sakit tenggorokan akhir dari flu dan pilek, hidung tersumbat, bunyi serak berair dan sejenisnya. Pilih salah satu saja atau beberapa diantaranya sebagai berikut :
  1. Menghilangkan hidung tersumbat dapat dilakukan dengan cara menghirup uap air hangat dari  rebusan daun kunyit, jahe dan lengkuas. Lakukan ini dipagi hari. Cara ini dapat membantu meredakan pilek, flu dan hidung tersumbat. Sehingga akan melegakan susukan pernafasan.atas. Beberapa cara lain yang dapat anda lakukan selain menggunakan dedaunan tersebut, anda dapat menggunakan minyak kayu putih, eukaliptus, pepermin, atau minyak pohon teh.

    Teteskan minyak kayu putih di atas air panas, selanjutnya hidup uapnya. Tindakan ini pula dapat mengencerkan lendir, sehingga lendir dapat dengan mudah keluar. Jangan lupa untuk mengeluarkan lendirnya jikalau menetes

  2. Berkumur dengan air garam hangat dapat membasmi kuman pada kawasan mulut, gigi dan tenggorokan. Lakukan berkumur dengan cara kepala menghadap ke atas, namun hati - hati tersedak. Untuk menambah khasiat dari obat flu berat ini, tambahkan minyak pohon teh. Tindakan ini dapat meredakan sakit tenggorokan

  3. Perbanyak bawang putih pada setiap kuliner yang anda konsumsi. Misalnya saja, jikalau anda memasak hanya menggunakan 2 siung bawang putih saja, ketika dalam kondisi pilek dan flu maka anda dapat menambahkannya menjadi 3 hingga 4 siung. Hal ini sangat bermanfaat, karena bawang putih bersifat anti peradangan dan anti kuman serta dapat meningkatkan imunitas tubuh melawan abuh penyakit dan menangkal radikal bebas di dalam darah.

  4. Mengkonsumsi ramuan herbal penghilang flu dan pilek. Agar flu cepat sembuh tanpa obat dalam sehari, langkah ini dapat menjadi solusi terbaik ditambahkan dengan beberapa kombinasi pada langkah tindakan perlindungan pertama di atas. Ramuan herbal yang dimadsud yaitu terbuat dari rempah - rempah pilihan mirip jahe merah, kencur dan biji cengkeh.  Jahe memiliki khasiat anti virus yang dapat meredakan flu dan pilek serta sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

  5. Cara membuat ramuan tersebut cukuplah mudah, Caranya sebagai berikut : Sediakan 1 ruas jahe, 1 ruas kencur, 1 sdt gula merah halus alami atau 1 sdm madu murni dan 5 biji cengkeh. Seduh dengan air panas dan selagi hangat minum secara rutin 2 kali sehari. Selain itu, Anda dapat mengkonsumsi minuman penghangat tubuh seperti  bandrek, wedang ronde, bajigur atau sejenisnya

  6. Mandi uap dapat dilakukan untuk melegakan sesak nafas dan tenggorokan serta mengencerkan dahak. Cara yang dapat anda lakukan untuk mandi uap yaitu dengan merebus beberapa dedaunan herbal. Jika ingin melaksanakan ini, anda dapat menyediakan 3 helai daun serai, 1 lembar daun lengkuas, 4 helai daun jahe, 1 lembar daun kunyit dan 2 lembar daun kencur. 

  7. Tindakan ini dapat mengobati flu secara alami. Selain itu, mandi uap dengan ramuan ini dapat meredakan gejala penyakit, meningkatkan proses detoksifikasi tubuh (mengeluarkan racun di dalam tubuh melalui keringat), meredakan sakit tenggorokan sekaligus sesak nafas, mengencerkan dahak di paru - paru dan hidung. Bagaimana cara melakukannya ?

    Cara melakukannya sangatlah mudah. Jika anda memiliki perlengkapan alat mandi uap, beberapa persiapan dedaunan tapi disertai air bersih dapat anda rebus. Kemudian berdiamlah selama 15 - 20 menit. Uap tersebut akan masuk melalui celah pori - pori kulit dan membuat tubuh anda akan mengeluarkan keringat berupa rancun tubuh yang dikeluarkan.

    Setelah melaksanakan ini, dilarang pribadi mandi. karena akan merubah suhu panas tubuh. Dikarenakan mandi uap akan kehilangan banyak cairan, sebaiknya anda disarankan untuk makan dan minum sesuai dengan langkah sebelumnya di atas. Kami sarankan pula, anda tidak mandi, cukup mengusap tubuh dengan kain hangat saja. Lakukan cara ini di pagi hari saja dalam waktu 2 kali dalam seminggu. Jika pilek dan flu telah sembuh, hentikan.

  8. Selalu menjaga kebersihan tak luput dari cara mengobati flu tanpa obat dan penting sekali untuk dilakukan. Menjaga kebershan dimaksud mirip menjaga kebersihan lingkungan sekitar, tempat tidur terutama bantal, guling dan seprai kasur, mencuci tangan sebelum makan dan membersihkan rambut hidung
Selain beberapa cara di atas, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk mempercepat proses penyembuhan, anda dapat melaksanakan beberapa tindakan berikut mirip :
  • Mengenakan masker jikalau berada di luar rungan terbuka untuk menghindari polusi udara dan mencegah penyebaran virus kepada orang lain
  • Menghindari stres berkepanjangan
  • Melakukan sugesti kepada diri anda sendiri bahwa sistem kekebalan tubuh anda dapat membasmi penyakit flu dan pilek. Lakukan sugesti sebelum tidur
Jika beberapa pengobatan alami mengatasi flu dan pilek di atas tidak menunjukkan hasil secara maksimal dan cenderung tak kunjung sembuh, kami sarankan anda segera untuk berkonsultasi kepada dokter. Langkah ini dapat dilakukan apabila gejala yang muncul telah berlangsung selama 8 hari disertai demam tinggi dengan suhu di atas 38 derajat celcius, rasa sakit pada persendian, kesulitan bernafas, rasa mual disertai muntah dan kepala pusing. Hal ini untuk menghindari resiko penyakit pneumonia dan bronkitis akut.