7 Tips Jitu Hidup Sehat Bebas Asam Urat Tanpa Obat

Mengingat akan Bahaya asam urat seperti yang pernah kami tuliskan beberapa waktu lalu sebetulnya dapat dicegah. Tak hanya itu resiko untuk terkena penyakit asam urat pun dapat dihindari. Upaya pencegahan dinilai jauh lebih efektif untuk dilakukan ketimbang tindakan pengobatan. Namun, dalam hal mencegah penyakit tersebut terkadang kita sering lalai untuk tetap konsisten mengontrol kadar asam urat dalam darah supaya tetap normal dan stabil. atau dikarenakan faktor ketidaktahuan diri kita untuk melaksanakan tindakan pencegahan tersebut atau karena hal lainnya.

Tindakan yang dapat dilakukan untuk melindungi tubuh kita supaya terbebas dari asam urat tinggi pada prinsipnya sangatlah sederhana yaitu dengan cara menjalani teladan hidup sehat. Ketika seseorang telah bisa menjalankannya secara konsisten, maka seseorang tersebut akan menerima manfaat dari teladan hidup sehat salah satunya terbebas dari serangan penyakit asam urat selama masa hidupnya. Bukan hanya itu saja, gaya hidup sehat menyerupai ini juga akan menekan resiko terjadinya gangguan kesehatan dalam jangka waktu panjang.

Terkait dengan hal ini, bagaimana teknis pelaksaannya ? Simak uraian lebih lanjut di bawah ini.

Beberapa Tindakan Agar Terbebas Dari Penyakit Asam Urat

Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk terbebas dari asam urat tinggi yaitu dengan mengetahui riwayat penyakit keluarga. Sebab, bawaan genetik merupakan salah satu faktor resiko yang dapat mensugesti timbulnya kondisi hiperurisemia. Karena kalau seseorang sadar akan hal ini, maka selanjutnya  tindakan pencegahan akan jauh lebih efektif. Beberapa hal yang dapat dilakukan yaitu membuat jadwal rutin untuk melaksanakan pengecekan kadar asam urat dalam darah, apakah berada di ambang batas normal atau lebih. Kemudian, apabila perlu mengkonsumsi obat alami asam urat dari tumbuhan dapat dilakukan.

seperti

Pemeriksaan kadar asam urat dapat dilakukan disetiap puskesmas atau rumah sakit terdekat dengan layanan BPJS secara gratis. Biasanya yang paling umum dilakukan pada tahap pemeriksaan yaitu dengan cara mengambil sampel darah melalu salah satu jemari atau menggunakan urin.  Ukurannya, kalau hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa kadar asam urat di atas 7 mg/dl untuk pria dan di atas 6 mg/dl untuk wanita, itu bearti seseorang dapat dikatakan menderita penyakit asam urat. Sedangkan pemeriksaan urine menggunakan sampel urine yang diuji melalui laboratorium. Jika alhasil berada di angka 760 - 1000 mg/24 jam, maka seseorang telah menderita penyakit tersebut.

Langkah kedua yang dapat dilakukan yaitu berprilaku cerdas dalam memilih materi makanan untuk dikonsumsi. Hal ini mengingat bahwa produksi asam urat sangat berbanding lurus dengan ketersediaan kandungan kadar purin di dalam tubuh. Oleh alasannya itu, mengetahui daftar makanan pantangan asam urat berkadar purin rendah, sedang dan tinggi sangat penting sekali. Dengan begitu kita akan mengetahui pula batasan - batasan mana makanan yang dapat dikonsumsi, dikurangi, dihindari atau dilarang dikonsumsi sama sekali.

seperti

Perlu anda ketahui, cara ini tidak bermadsud untuk menghilangkan asam urat secara total yang terdapat di dalam tubuh. Walau bagaimana pun, zat asam urat dapat dimanfaatkan oleh tubuh sebagai materi baku untuk membantu proses regenerasi sel dan menangkal radikal bebas di dalam darah. Yang perlu kita lakukan yaitu menjaga kestabilan kadar asam urat dalam darah tetap berada di level normal. Cukup mengkonsumsi makanan dengan kandungan rendah purin.

Diantara makanan tersebut pastinya harus memenuhi kriteria angka kecukupan gizi supaya asupan nutrisi bagi tubuh tetap terjaga. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang cukup akan kandungan karbohidrat kompleks, rendah protein dan lemak, mencangkup unsur vitamin B, vitamin C, vitamin E dan memiliki kandungan potasium tinggi. Mengapa demikian ?
  • Karbohidrat kompleks merupakan salah satu sumber energi yang diharapkan oleh tubuh. Karbohidrat kompleks sangat disarankan bagi penderita asam urat karena jenis karbohidrat yang lambat dicerna oleh usus. Hal ini akan menjadikan efek kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat dijadikan sebagai menu pilihan paling sempurna untuk menjalani jadwal diet. Diantara sumber materi makanan yang mengandung karbohidrat antara lain roti gandum, oatmeal, nasi singkong dan ketela rambat (ubi).
  • Memilih makanan dengan kandungan rendah protein dan rendah lemak bertujuan untuk menekan peningkatan asam urat dalam darah. Hal tersebut dikarenakan purin dihasilkan dari proses katabolisme tubuh. Sumber protein dapat berasal dari hewani dan nabati. Protein hewani pada umumnnya lebih cepat memicu timbulnya gejala asam urat yang terdapat pada kerang, ikan, daging ayam, daging sapi dan sebagainya. Namun bukan bearti protein nabati dikatakan aman.

    Jika dikonsumsi secara belebihan juga dapat menjadi pemicu timbulnya kondisi hiperurisemia. Beberapa protein nabati tersebut diantaranya kacang - kacangan, tempe, susu kedelai, kacang merah, melinjo dan sebagainya. Sedangkan asupan makanan berlemak terlalu tinggi akan menyebabkan proses ekstraksi dan pembuangan asam urat dalam bentuk urine menjadi terhambat. Akibatnya, asam urat dalam darah mengalami peningkatan.
  • Vitamin B, vitamin C dan vitamin E merupakan diantara zat yang sangat diharapkan oleh tubuh. Itu dikarenakan tubuh tidak dapat memproduksi vitamin tersebut secara mandiri. Satu - satu cara bagi tubuh untuk menerima suplai vitamin yaitu melalui sumber makanan menyerupai sayuran dan buah - buahan. 

  • Vitamin B banyak sekali jenisnya. Setidaknya ada 8 jenis yang telah dikelompokkan menyerupai B1 (yuditiamin), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam fantotenat), B6 (piridoksin), B7 (biotin), B9 (asam folat) dan B12 (kobalamin). Dari hasil penelitian, Vitamin B12 turut berperan dalam hal mengontrol tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah. Adapun sumber vitamin B yang dapat dikonsumsi antara lain kentang, strawberry, jeruk, ikan tuna, kembang kol dan semua jenis pisang.
    Vitamin C juga sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh diataranya sebagai sumber alami zat antioksidan, meningkatkan sistem imunitas dan sebagainya termasuk menurunkan resiko terkena asam urat tinggi. Hal itu dikarenakan, vitamin C memiliki tugas aktif dalam membantu untuk meningkatkan kemampuan pembuangan tubuh dalam hal meluruhkan asam urat dalam bentuk air seni. Sehingga, proses buang air kecil menjadi lancar. Namun, apabila dikonsumsi oleh mereka yang memiliki riwayat penyakit watu ginjal sangat tidak dianjurkan dikonsumsi dalam jumlah banyak. Beberapa buah - buahan yang mengandung vitamin C antara lain jeruk, tomat, sirsak, strawberry, jambu biji dan sebagainya.

    Vitamin E juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat. Sehingga, dapat dijadikan sebagai nutrisi wajib bagi tubuh. Beberapa manfaat vitamin E antara lain untuk menjaga kesehatan kulit, membantu melancarkan peredaran darah, sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh, meredakan nyeri dan sebagainya. Adapun jenis buah - buahan yang memiliki kandungan vitamin E cukup tinggi antara lain minyak zaitun, kacang almond, buah kiwi, mangga dan sebagainya.
  • Mengkonsumsi makana yang mengantung tinggi potasium dapat membantu mengontrol dan menurunkan kadar asam urat dalam darah. Hal ini dikarenakan karena potasium merupakan zat elektrolit yang memiliki tugas penting untuk meningkatkan proses metabilsme tubuh dan menunjukkan manfaat lainnya menyerupai mencegah stroke, membantu menjaga stabilitas tekanan darah dan denyut jantung, dan sebagainya. Khususnya untuk penderita asam urat sangat penting dikonsumsi karena bermanfaat untuk membersihkan, menetralkan dan menghancurkan kristal asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Adapun sumber potasium dapat ditemukan pada apel merah, semangka, kentang, labu kuning, pisang dan sebagainya.
Langkah Ketiga yaitu mengkonsumsi air putih sangat dianjurkan. Jika anda bertanya minum air putih yang baik sehari berapa liter, anda dapat membaca artikel kami sebelumnya wacana aturan minum air putih. Adapun pengaruh air dalam hal mengatasi asam urat berkaitan dengan fungsi air sebagai cairan peluruh endapan asam urat karena dapat melancarkan sirkulasi peredarahn darah. Selain itu air putih juga memiliki tugas untuk menjaga kesehatan dan mengoptimalkan kinerja ginjal.

seperti

Sehingga, kalau organ ginjal sehat maka proses pembuangan racun - racun tubuh pun akan berjalan secara optimal. Dengan kata lain, organ ginjal akan terhindar dari tumpukan zat - zat berbahaya yang dapat merugikan tubuh. Sedangkan, tugas air lainnya bagi tubuh dapat melancarkan sistem pencernaan, sebagai media untuk melancarkan proses detoksifikasi, menjaga kelancarkan sirkulasi darah dan keseimbangan suhu tubuh serta lainnya.

Betapa pentingnya air bagi tubuh untuk itu gunakan air yang sehat untuk dikonsumsi dengan kriteria, tidak berbau, tidak bewarna, tidak berasa, tidak mengandung unsur logam berbahaya menyerupai timbal dan tidak mengandung basil atau unsur kimia aktif berbahaya di dalamnya.

Langkah Keempat adalah melaksanakan kebiasaan gaya hidup sehat. Walaupun sulit untuk diterapkan secara konsistensi, namun hal ini harus dilakukan. Kuncinya yaitu merubah kebiasaan hidup dimulai dari teladan makan. Selanjutnya, menghindari kebiasaan sehari - hari yang dapat berpotensi merusak tubuh. Diantara kebiasaan buruk dalam prilaku hidup sehari - hari yang harus diperhatikan yaitu sebagai berikut :
  • Menghentikan kebiasaan - kebiasaan buruk yang dapat merusak kesehatan menyerupai meroko*, mengkonsumsi alk*hol, kebiasaan tidur terlalu larut malam di atas jam 11 malam dan kurang melaksanakan acara olahraga
  • Mengkonsumsi makanan tanpa memperhatikan dampak baik dan buruk bagi kesehatan
  • Menunda - nunda waktu makan padahal perut teraasa lapar
Terkait dengan gaya hidup sehat memang sebagian besar indentik dengan pengaturan tata kelola pada teladan makan. Sebab apa - apa saja yang kita konsumsi dapat menentukan kondisi kesehatan kita dikemudian hari. Untuk itu harus dijalankan dengan mengontrol dan melihat dampak baik dan burknya bagi kesehatan tubuh. Setiap makanan yang masuk ke dalam tubuh harus memenuhi kandungan nutrisi yang sempurna menyerupai vitamin, protein, karbohidrat dan mineral lainnya.

seperti

Porsi yang dikonsumsi pun harus sempurna supaya tercapai berat tubuh ideal. Porsi makan yang dianjurkan yaitu sedikit dan tidak menyebabkan perut  terlalu kenyang. tetapi pastikan bahwa makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kandungan gizi seimbang bagi tubuh. Waktu yang sempurna untuk makan pun harus diperhatikan, ada baiknya makan kalau perut sudah mencicipi lapar. Namun tidak lepas dari ritme teladan makan yang teratur.

Langkah Kelima adalah melaksanakan acara olahraga secara rutin dan sesuai dengan porsi tubuh. Asupan nutrisi dinilai belum cukup untuk menerima kriteria tubuh yang sehat dan terbebas dari segala macam problem kesehatan. Haruslah diimbangi dengan kegiatan olahraga. Karena dengan olahraga dapat membantu mengkremasi lemak jahat dan menjaga proses sistem metabolisme tubuh berjalan baik.

Olahraga dapat melibatkan seluruh komponen tubuh. Khususnya bagi penderita asam urat, menggerakkan otot persendian yaitu upaya untuk mencegah otot - otot melemah dan semakin kaku. Gerakan olahraga yang disarankan pun tidak terlalu berlebihan karena dapat mencederai persendian semakin parah. Hindari gerakan - gerakan ekstrem berlari, memukul (tinju), melompat - lompat dan sejenisnya.

Menari, bersepeda, jalan cepat, senam, yoga, jalan kalem dan berenang yaitu beberapa acara olahraga yang dapat dilakukan. Olahraga tersebut termasuk ke dalam katagori ringan karena tidak terlalu membebani persendian tubuh. Namun, cukup efektif untuk mengkremasi kalori dan mengurangi lemak otot di area persendian. Selain itu, manfaat olahraga juga akan bisa meningkatkan fungsi kasdiovaskuler. Sangat membantu untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan meningkatkan kinerja fungsi jantung. Lakukan acara olahraga secara rutin setiap ahad nya, paling tidak 1 kali dalam seminggu selama 20 menit dan maksimal 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Langkah Keenam adalah dengan cara selalu berfikir kasatmata dan hindari stres. Segala bentuk pikiran yang ada dapat memiliki pengaruh besar terhadap kodisi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Ketika kita menghadirkan sebuah pikiran negatif menyerupai "aku tidak akan sembuh karena penyakit ini sudah parah", maka sel - sel yang terdapat di dalam tubuh akan menerjemahkan bahwa kita tidak akan sembuh dari penyakit tersebut. Akibatnya, rasa selalu tidak nyaman, sakit dan proses penyembuhannya pun akan terhambat serta berjalan lambat.

seperti

Begitu sebaliknya kalau kita berfikir positf, maka sel - sel di dalam tubuh akan merespon kasatmata bahwa sel tersebut akan berjuang untuk mewujudkan sugesti kasatmata dari pikiran kita. Pikiran negatif juga dapat menjadikan depresi. Apabila berkelanjutan akan menjadikan beberapa problem kesehatan menyerupai insomnia (gangguan tidur), gangguan sistem pencernaan dan sebagainya.

Langkah Ketujuh yaitu mengkonsumsi ramuan herbal. Ramuan herbal biasanya menjadi pilihan terbaik untuk menjaga kesehatan dan menyembuhkan banyak sekali macam penyakit, termasuk menyembuhkan penyakit asam urat. Hal ini dikarenakan tanpa ada unsur pemanis materi kimia sintesis. Ramuan herbal biasanya dibuat dari tanaman obat yang mengandung manfaat bagi kesehatan. Secara umum ramuan herbal memiliki keunggulan dari obat - obatan kimia. menyerupai efek sampingnya lebih minim, lebih murah dan dapat diramu sendiri, memiliki kemampuan untuk memperbaiki organ tubuh yang rusak dan sebagainya.

seperti

Jamu yaitu salah satu diantaranya ramuan herbal cukup terkenal di Indonesia bahkan sampai ke mancanegara. Selain itu dapat pula berupa rebusan - rebusan yang berasal dari akar, daun, batang dan bunga dari suatu tanaman obat. Misalnya saja, daun sirsak yang memiliki ragam khasiat salah satunya dapat menurunkan kadar asam urat.

Walaupun demikian, tetap saja mengkonsumsi ramuan herbal harus memperhatikan dosis penggunaan, tata cara pengolahan yang baik dan benar dan pengetahuan akan dampak baik dan buruknya bagi kesehatan tubuh. Karena tak semua ramuan herbal cocok dikonsumsi, apalagi ramuan herbal tersebut sudah berbentuk kemasan, Untuk mengantisipasi dampak buruknya, selaku pengguna disarankan untuk mencari gosip selengkapnya terkait akan hal tersebut dengan cara berkonsultasi ke pakar andal herbal, apoteker, mencari pada smber rujukan terpecaya dan sebagainya.