Baju Bodo Pakaian Adat Suku Bugis Makassar yang Mendunia

BloggerBugis - Rasanya pasti diantara pembaca goresan pena bloggerbugis sudah banyak yang kenal kalau baju bodo merupakan baju tradisional suku bugis makassar di Sulawesi Selatan. Mungkin Anda bertanya-tanya dalam benak anda ihwal apa sih arti kata baju bodo? Arti baju bodo bukan berarti kolot lawan kata dari cerdas atau pintar. Akan tetapi betul-betul baju bodo yang dalam penulisan dan penyebutannya yaitu Baju BODO bukan BAJU BODOH.

Apa Itu Baju Bodo? Menurut bahasa Baju bodo berarti baju pendek (Arti kata Bodo dalam bahasa Bugis Makassar = Pendek). Tentu saja juga ada waju/baju la'bu yang artinya baju lengan panjang. Nah kalau baju bodo ini kalau digunakan hanya akan menutupi adegan badan sipemakai hanya hingga ke pinggul saja. dan sebaliknya baju la'bu menutupi adegan badan pemakai hingga adegan paha.

Rasanya

Baju Bodo Pakaian Adat Sulawesi Selatan

Baju bodo merupakan busana etika khas suku Bugis Makassar yang hanya dapat dipakai oleh kaum wanita saja. Baju bodo ini kerap di pakai pada program adat. Akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman baju bodo kini tak hanya dapat dipakai oleh wanita Bugis saja. Wanita-wanita yang berasal dari kawasan lain/bukan suku bugis pun dapat mengenakannya. Contohnya pada kegiatan parade atau karnaval yang menggunakan pakaian etika khas Indonesia dari beberapa daerah.

Baju bodo ini begitu digermari mungkin alasannya dianggap begitu sederhana. Baju bodo ini hampir ibarat dengan busana ponco yang kerap dipakai oleh orang Amerika Latin. Cara mengenakan Baju bodo cukuplah sederhana yaitu dikenakan melalui kepala. Baju Bodo ini tak berlengan.

Baju bodo yang berbahan dasar dari kain tipis transparan, bentuknya segiempat, berlengan pendek serta potongannya sangat sederhana. Baju Bodo mempunya corak dengan varian warna agak cerah ibarat merah, hijau, kuning dll. yang terperinci Baju bodo berwarna-warni. Pada awal era ke 20, Wanita suku Bugis Makassar kadang tak mengenakan bra ketika memakai baju bodo. Mereka hanya menegenakan sarung/kain dan menutupi adegan tubug atas saja dengan mengunakan baju bodo.

Sampai sekarang baju bodo ini desainya masih saja tipis akan tetapi tentu saja sudah tak ada lagi perempuan yang tak memakai penutup d4da. Apalagi bagi wanita yang memakai jilbab. Sebelum memakai Baju Bodo mereka memakai pakaian dalam yang amat tebal sebelum menggunakan baju bodo. Jenis kain yang pakai biasanya kain tenun dari daerah/songkek.

Dahulu kala kalau ingin menggunakan baju bodo haruslah mengikuti corak warna dari baju tersebut yang 1 warna untuk satu golongan saja. Seperti baju bodo dengan warna jingga dan cerah merah hanya diperuntukkan dipakai oleh gadis saja. Sedangkan Baju Bodo warna hijau hanya dapat dipakai oleh wanita darah biru saja. Dan warna ungu dapat dikenakan bagi wanita yang berstatus janda.

Rasanya

Dan tentunya untuk sekarang ini tak ada lagi batasan warna dalam hal pemakaian baju bodo, semua wanita boleh memilih warna baju yang disukainya, permasalahan warna sudah tidak dipedulikan terutama mereka yang tidak berasal dari Suku Bugis Makassar. Mereka mengenakan baju bodo warna kuning, merah muda, dan warna lainnya menyesuaikan dengan warna kainnya jenis baju bodo yang inilah dikenal dengan sebutan baju bodo modern.

Cara memakai baju bodo begitu mudah sama halnya kalau kita memakai t-shirt, Lipa' sabbe (sarung tenun khas kab wajo) dipasang ibarat memakai sarung pada umunya, hanya saja kadang diperkuat dengan memakai ikat pinggang/tali supaya tak melorot atau terlepas. Dan pada adegan pinggang baju bodo menjuntai menutu ujung sarung adegan atas. Si pemakai baju bodo kadang memegang ujung baju bodo dan disampirkan pada lengan. Ada juga yang menambahkan asesoris ibarat bunga mengagumkan yang menghisai rambut.

Saat ini baju bodo sudah mengalami banyak modifikasi. Kalau dulu digunakan dengan lipa' sabbe, akan tetapi pada zaman sekarang ini baju bodo kerap dipadukan dengan songket/kain batik. Bahkan remaja-remaja masa kini kadang memadukan baju bodo ini dengan memakai celana panjang dengan belahan feminim.

Baju ini kerap digunakan pada acara-acara etika ibarat pesta perkawinan, ketika menari dan mendapatkan tamu kehormatan. Baju Bodo selain dapat digunakan mempelai pengantin wanita, baju bodo kerap dipakai oleh Indo bo'ting/ibu pengantin, Pa'sappi/Pengiring pengantin yang terdiri dari 2 gadis kecil mengenakan baju bodo. Begitu juga dengan deretan peserta tamu atau pagar Ayu.

Nah demikianlah Ulasan Blogger Bugis yang sudah mengulas mengenai Baju Bodo suku bugis makassar, semoga dengan goresan pena diatas dapat menambah wawasan Anda mengenai Baju Bodo. Mari lestarikan Budaya Bugis Makassar.