Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem ekskresi pada manusia. Di dalam tubuh terdapat sepasang ginjal yang letaknya berada di tempat bersahabat pinggang. Ukuran panjang satu organ ginjal insan sekitar 10 cm dan kisaran berat lebih dari 200 gram. Cara kerja ginjal yaitu mengeluarkan sisa penyaringan darah berbentuk urine. Sudah sewajarnya untuk Anda yang masih mempunyai kedua ginjal dengan fungsi optimal untuk menjaga kesehatannya.

Sebagai salah satu sistem ekskresi pada manusia, ginjal juga mengerjakan beberapa proses kimiawi dalam tubuh. Apa saja? Kenali dan ingat yuk fungsi ginjal secara utuh bagi tubuh?.

Fungsi Ginjal Untuk Tubuh


Ginjal merupakan satu dari beberapa organ vital dalam tubuh yang berfungsi sebagai sistem  Cara Menjaga Kesehatan Ginjal
1. Memfilter Darah

Tubuh membutuhkan energi yang cukup semoga bisa menciptakan organ tubuh lain menyerupai tangan dan kaki untuk mengerjakan sesuatu. Oleh lantaran itu kebutuhan energi tersebut harus diimbangi dengan asupan masakan bergizi. Ketika Anda mengonsumsi masakan secara otomatis akan diolah oleh sistem metabolisme menjadi energi yang bisa menggerakkan tubuh, tapi setiap masakan yang Anda konsumsi niscaya akan menyisakan zat berupa limbah yang disertai dengan racun atau toksin. Disinilah gunanya ginjal yaitu membuang sisa masakan tersebut menjadi urine melalui kantung kemih.

2. Mengontrol kadar asam dan basa dalam tubuh

Ginjal juga berfungsi untuk mengontrol keseimbangan kadar asam dan basa dengan cara kerja yang sama menyerupai filterisasi darah, yaitu mengeluarkan asam dan basa lewat urine.

3. Menjaga tekanan osmosis

Tekanan osmosis dijaga oleh ginjal dengan cara menyeimbangkan zat yodium dalam tubuh.

4. Memproses ulang zat

Saat membuang sisa masakan ginjal juga bisa memisahkan zat yang masih berkhasiat dengan cara mengembalikannya kedalam tubuh melalui sistem peredaran darah. Zat yang diproses ulang tersebut contohnya yaitu glukosa, air, garam, dan asam amino. Proses pengembalian zat in ke dalam darah menyandang istilah medis reabsorpsi.

5. (juga) Menyeimbangkan Zat Kimia Dalam Darah

Salah satu kandungan kimia yang diseimbangkan oleh ginjal yaitu kadar garam dalam darah.

Demikian fungsi ginjal secara keseluruhan yang pada dasarnya yaitu membuang sisa dan menyeimbangkan zat dalam darah. Agar semua fungsi ginjal tersebut bisa bekerja sebagaimana mestinya, ada beberapa cara menjaga kesehatan ginjal yang bisa Anda lakukan, berikut ini misalnya.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal


1. Selalu Bergerak Demi Menjaga Kesehatan

Ginjal Anda bisa dijaga dengan cara yang paling mudah, yaitu beraktivitas fisik. Anda harus aktif bergerak dan jangan bermalas-malasan, lantaran kesehatan Anda bisa terjaga hanya dengan terbiasa menggerakkan badan.

2. Jaga Berat Badan Anda

Perut bergelambir akhir tumpukan lemak bisa menurunkan rasa percaya diri Anda jikalau sedang bercengkrama dengan teman. Selain mempengaruhi keadaan emosional Anda berat tubuh yang berlebih (apalagi obesitas) sangat tidak baik untuk kesehatan lantaran organ tubuh akan bekerja lebih keras untuk mengikis tumpukan lemak tersebut, termasuk ginjal yang usang kelamaan akan membuatnya menjadi lemah kinerjanya.

Baca artikel perihal cara menurunkan berat badan dan cara menambah berat badan semoga mempunyai tubuh ideal.

3. Kontrol Tekanan Darah

Penyakit ginjal dipicu dari tekanan darah yang tinggi. Selama lima tahun terakhir di peroleh data dari IRR yang membeberkan bersama-sama sebanyak 35% penyakit ginjal disebabkan oleh tekanan darah yang tinggi.

4. Jauhi Alkohol dan Hindari Rokok

Tembakau yang Anda hisap sehari-hari akan merusak paru-paru dan juga ginjal. Selain itu rokok (dan juga alkohol) juga menjadi penyebab utama tubuh Anda terjangkit banyak sekali penyakit mengerikan, salah satunya ginjal.

5. Hindari Stres

Stres yang menyerang Anda menciptakan tekanan darah menjadi naik dan menyerupai yang sebelumnya dijelaskan, jikalau tekanan darah tinggi maka risiko Anda terjangkit penyakit ginjal pun menjadi lebih besar.

Itulah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal. Sebenarnya Anda tak perlu memusingkan semua tips diatas lantaran cukup dengan melaksanakan contoh hidup yang disarankan oleh dokter sudah bisa menciptakan tubuh Anda lebih kebal terhadap banyak sekali serangan penyakit yang mengancam jiwa.

Simak juga artikel lainnya mengenai cara menjaga kesehatan jantung dan cara menjaga kesehatan hati. Semoga bermanfaat.