4 Hal Penyebab Sariawan pada Mulut

Sariawan biasanya timbul didaerah bibir maupun lidah, tetapi bisa saja timbul didalam tenggorokan. Sariawan membuat apa yang dimakan atau minum menjadi tidak nyaman dikarenakan rasa sakit yang ditimbulkan oleh sariawan. Sariawan dibagi menjadi 3 bagian yaitu sariawan kecil, sariawan besar dan sariawan herpetiform. Pembagian sariawan tersebut berdasarkan banyaknya atau besarnya sariawan yang ditimbulkan ketika sakit. Setelah mengetahui pembagian sariawan sebaiknya paham juga akan penyebab sariawan, berikut adalah penyebab sariawan:

1.Kesehatan mulut
Mulut yang sehat dan terjaga kebersihannya akan jarang terkena sariawan, sedangkan kesehatan mulut yang tidak terjaga dengan baik maka akan mudah terkena sariawan. Menggosok gigi secara rutin dan memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh mulut dan gigi akan membuat mulut tetap sehat dan terhindar dari sariawan.



2.Stres
Ketika seseorang mengalami stress maka system imunitas seseorang akan menurun. Menurunnya system imunitas menyebabkan seseorang dapat terkena penyakit, salah satunya adalah sariawan. Manajemen stress sangatlah penting sehingga membuat stress tidak berlarut-larut.

3.Iritasi
Iritasi yang diakibatkan oleh makanan sehingga membuat mulut luka dapat menyebabkan timbulnya sariawan. Makanan pedas, masam dan yang beraroma tajam dapat menyebabkan sariawan. 

4. Terburu-buru mengunyah makanan
Terburu-buru dalam mengunyah makanan dapat menyebabkan mulut tergigit. Luka yang ditimbulkan oleh gigitan yang tidak disengaja membuat rasa sakit. Selain itu, sariawan timbul akibat luka yang ditimbulkan oleh gigitan.

Itulah 4 hal yang dapat menyebabkan sariawan, sekarang sudah banyak beredar obat baik berupa pil maupun kumur yang dapat menyembuhkan sariawan. Tetapi alangkah baiknya kalau kita bisa mencegahnya, bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati. Berhati-hati ketika menggosok gigi juga membantu supaya tidak terkena sariawan. Gosokan gigi yang menimbulkan iritasi dapat menyebabkan sariawan.