5 Buah yang Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kesehatan pencernaan sangatlah penting, ini bisa dilihat dari pola makan dan buang air besar yang tidak teratur. Gangguan pencernaan seperti sembelit dan diare dikarenakan makanan yang dikonsumsi. Penyebab diare biasanya makanan yang dimakan mengandung bakteri sehingga system pencernaan tidak berjalan dengan baik, sedangkan penyebab sembelit biasanya karena makanan yang dimakan sedikit mengandung serat. Perbanyaklah minum air putih dan minuman probiotik untuk menjaga kesehatan pencernaan terutama untuk menjaga bakteri baik dalam lambung. Berikut adalah buah-buahan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda:

1.Apel 
sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan dikarenakan kaya akan vitamin C, Vitamin A, folat, mineral, kalium dan fosfor. Kandungan yang ada dalam apel tersebut sanngat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan seperti mencegah sembelit. Selain itu, apel juga memiliki kandungan pektin yang membantu meningkatkan bakteri baik dalam pencernaan sehingga kesehatan ususpun juga terjaga.



2.Pisang
Pisang yang kaya akan serat sangat baik untuk mempermudah buang air besar sehingga terhindar dari sembelit. Bahkan ketika anda menderita diare, pisang sangat berperan penting untuk mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang selama diare.

3.Alpukat
Buah alpukat mudah dicerna dan mengandung lemak sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. kandungan serat dan lemak sehat yang tinggi membantu dalam menjaga kesehatan saluran pencernaan, dan kesehatan pankreas maupun empedu empedu. Juga mengkonversi beta-karoten menjadi vitamin A yang membantu dalam mengembangkan lapisan mukosa sehat di saluran pencernaan.

4.Kiwi
Buah kiwi berperan baik apabila sseorang mengalami masalah dengan pencernaan. Ini dikarenakan kiwi memiliki kandungan yang baik untuk sistem pencernaan seperti  asam linolenat, actinidin, vitamin C, vitamin E, magnesium, kalium dan asam lemak lainnya. Buah kiwi juga mengandung pepsin yang diperlukan tubuh untuk membantu sistem pencernaan

5.Pepaya
Buah yang tumbuh subur dan banyak ditemukan ditoko buah maupun pasar ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk pencernaan anda. Kandungan papain dalam buah pepaya membantu dalam pemecahan protein di perut, dan ini membantu dalam penyerapan nutrisi yang baik dan membuat usus bekerja dengan optimal. Orang-orang yang memiliki porsi makan yang banyak harus makan buah pepaya, karena sifat anti-inflamasi membantu menenangkan perut. Selain itu, buah pepayamembantu dalam melarutkan lemak dan juga mengurangi mulas diperut.

Demikian 5 buah yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda, semoga dengan rutin mengkonsumsi buah tersebut kesehatan tubuh  anda juga terjaga dengan baik.