5 Kebiasaan yang Tidak Disadari Dapat Merusak Gigi

Gigi merupakan salah satu bagian dari tubuh yang sangat penting, fungsinya yang digunakan sebagai alat untuk mengunyah makanan dan untuk memperindah penampilan. Setiap orang mendambakan gigi yang putih dan rapi, dengan memiliki gigi yang putih dan rapi membuat seseorang tampil percaya diri. Dengan rasa percaya diri maka akan lepas ketika melakukan senyuman dan apabila berbicara tidak canggung maupun malu.Merawat gigi sangatlah penting, gigi yang terawat akan memiliki gigi yang sehat dan kuat. Tetapi ada beberapa kebiasaan yang dapat merusak kesehatan gigi, berikut adalah beberapa kebiasaan yang dapat merusak kebiasaan gigi:

1.Mengunyah Es
Ada beberapa orang yang suka mengunyas es apabila sedang minum-minuman yang mengandung es. Mengunyah es merupakan kebiasaan yang tampak tidak berbahaya,tetapi tanpa anda sadari dapat menyebabkan kerusakan permanen gigi dengan celah-celah kecil. celah-celah ini dapat tumbuh lebih besar dari waktu ke waktu dan pada akhirnya menyebabkan gigi patah.



2.Menindik lidah
Mungkin sudah menjadi trend dikalangan remaja maupun orang dewasa, beberapa orang menindih lidah mereka. tindik lidah dapat menyebabkan gigi mengalami kerusakan. Tindik yang ada pada lidah dapat bergesekan dengan gusi dan menyebabkan resesi gusi permanen, yang dapat menyebabkan sensitivitas dan bahkan membuat gigi tidak kuat dan mudah patah. selain itu, melakukan tindik dilidah juga membuat bakteri yang mengumpul dimulut lebih banyak, dengan begitu malah mengganggu kesehatan mulut dan gigi anda.

3.Menggerus gigi
Kebiasaan ini entah disadari atau tidak terkadang beberapa orang suka menggerus gigi mereka baik dalam kondisi terjaga maupun sedang tidur. menggerus gigi memberikan tekanan pada gigi, rahang otot dan sendi rahang dan dapat menyebabkan rasa sakit.

4.Makan permen
Bukan hanya anak kecil saja yang suka makan permen orang dewasapu juga suka. Permen memiliki dampak yang buruk bagi gigi apalagi kalau berlebihan terlebih lagi permen yang dikonsumsi yang kenyal dan lengket. Sehingga lengket pada celah-celah gigi yang sulit dibersihkan sehingga menjadi makanan bakteri dan membuat gigi berlubang.

5.Minuman bersoda
Minuman bersoda memiliki kadar gula yang tinggi dan kandungan asam sehingga dapat merusak kesehatan gigi Anda.  Selain itu, kandungan asam yang ada pada soda dapat mengikis enamel gigi dan dapat menggangu sensitivitas gigi. sebaiknya jika selesai minum-minuman bersoda berkumurlah sehingga tidak ada kandungan asam yang menempel pada gigi.

Itulah 5 kebiasaan yang dapat merusak gigi anda, jagalah kesehatan gigi anda dengan baik dengan rajin menggosok gigi dan memperhatikan apa yang anda makan.