8 Manfaat Bambu Muda Bagi Tubuh

Manfaat Bambu Muda Bagi Tubuh-Bambu muda (rebung) adalah salah satu makanan khas daerah. Namun, ada banyak orang yang tidak suka rasa dan tekstur yang relatif unik, mungkin karena makanan ini adalah makanan tradisional. Meskipun demikian rebung menawarkan banyak manfaat besar bagi kesehatan.

Beberapa manfaat yang  didapat apabila mengkonsumsi rebung:

1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh
Rebung juga mengandung vitamin, seperti vitamin A, vitamin E, vitamin B6, asam folat, tiamin, riboflavin, dan niasin. Rebung juga mengandung mineral penting seperti zat besi, mangan, tembaga, kalium, fosfor, natrium, seng, magnesium dan kalsium. Semua nutrisi ini sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

8 Manfaat Bambu Muda Bagi Tubuh

2. Menurunkan berat badan
Bambu muda (rebung) dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Hal ini disebabkan kandungan rendah kalori. Selain itu, rebung mengandung serat yang tinggi, yang akan membuat perut terasa penuh saat dikonsumsi.

3. Menurunkan Kolesterol
Dalam setiap porsi rebung seratus gram, terdapat gula sebesar 2,5 gram. Sementara itu, lemak tak jenuh dan kadar lemak jenuh sekitar 0,49 gram. Keduanya membuat bambu muda menjadi makanan yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan menjaga kesehatan jantung.

4. Masalah pernapasan
Rebung mengandung sumber asam amino dan protein. Hal ini membuat rebung dapat mengatasi masalah pernapasan, seperti pilek, batuk, dan hidung tersumbat.

5. Pencernaan yang sehat
Rebung juga mengatasi masalah pencernaan seperti diare dan gastroenteritis. Selain itu, rebung dapat digunakan sebagai obat untuk mengobati cacingan.

6. Mencegah kanker
Bambu muda mengandung pitosterol , seperti flavonoid, amilasi, klorofil, membantu melawan kanker.

7. Menurunkan tekanan darah
Kandungan kalium yang tinggi membuat rebung menjadi makanan yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, dan untuk mempertahankan salah satu normal. Mengkonsumsi Rebung juga mengurangi depresi, psikosis dan kecemasan terkait.


8. Siklus menstruasi lancar
Jika siklus menstruasi Anda tidak teratur, cobalah untuk makan rebung. Hal ini karena, rebung mengandung bahan-bahan alami yang dapat membantu mempercepat siklus menstruasi, dan untuk menghilangkan rasa sakit.

Demikian 8 manfaat rebung untuk kesehatan tubuh, semoga dengan mengerti manfaat rebung tidak sungkan untuk mengkonsumsi rebung atau bambu muda.