Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker dan Kesehatan. Ini Faktanya !

Selain daun sirsak, pernahkah anda mendengar manfaat buah sirsak sebagai pembunuh kanker ? benarkah demikian ? apakah ada fakta atau bukti ilmiah yang dapat menjelaskan itu semua atau hanya mitos belaka ? Jika itu benar, sering mengkonsumsi buah sirsak apakah tidak menjadikan efek samping dalam jangka panjang ? Diartikel yang singkat ini dengan penjelasan secara deskripsi dilengkapi acuan terpecaya, anda akan menemukan jawabannya ! Sebelum kami menjelaskan akan hal tersebut, simak ulasan kami lebih lanjut mengenai manfaat daun sirsak sebagai tanaman obat anti kanker di sertai penjelasan ilmiah pada tautan tersebut.

Bagi masyarakat Indonesia pada umumnya buah sirsak yang berasal dari pohon sirsak atau zuurzak ini lebih dikenal dengan sebutan "nangka belanda". Hampir disetiap kawasan di Indonesia terdapat tanaman sirsak. Biasanya ditanam di perkarangan rumah ataupun kebun dengan tujuan dikonsumsi sendiri atau untuk komersil. Pada umumnya buah sirsak dikonsumsi secara pribadi atau dijadikan sebagai minuman jus yang menyegarkan dengan cita rasa asam manis untuk menghilangkan rasa dahaga di kala cuaca panas siang hari.

Selain itu, pemanfaatan buah sirsak juga dijadikan sebagai materi baku utama untuk membuat aneka macam olahan minuman dan makanan sehat ibarat jus, permen, dodol, es krim, kudapan manis donat, puding dan sebagainya.

Kebanyakan orang mengatakan, khasiat buah sirsak memiliki ragam manfaat bagi kesehatan ibarat dipercaya untuk menambah stamina tubuh dan membantu membuang racun di dalam tubuh alasannya yaitu buah tersebut mengandung kadar antioksidan dalam jumlah tinggi. Sehingga, orang menganggap mengkonsumsi buah sirsak secara rutin dapat membuat abadi muda. Benarkah ?

Kandungan Gizi Buah Sirsak

Tahukah anda, bahwa setiap satu buah sirsak utuh, terdiri dari 67% daging buah yang dapat kita konsumsi, 9% biji, 20% kulit dan sisanya 4% yaitu episode poros tengah buah. Buah ini juga terdiri dari 68% kandungan gula alami. Seringkali orang berfikir, episode isi dari buah ini dianggap ibarat dengan apel custard atau yang seringkali kita kenal dengan sebutan buah sri kaya. Memiliki tekstur daging buah yang lembut dan terdapat biji bewarna hitam di dalamnya. Daging buah bewarna putih dan bertekstur lembut tersebut sangat kaya akan kandungan vitamin dan serat.

pernahkah

Berdasarkan data dari Departemen Kesehatan Indonesia tahun 1996, kandungan gizi buah sirsak setiap 100 gram terdiri dari ; energi, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, serat, zat besi, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin C dan niasin. Untuk lebih jelasnya, perhatikan tabel berikut ini :

Kandungan Gizi Buah Sirsak Setiap 100 Gram
Komponen Zat Gizi
Jumlah
Energi (Fruktosa)
65 Kcal
Lemak
1 gram
Karbohidrat
16,3 gram
Kalsium
14 mg
Fosfor
27 mg
Serat
2 gram
Zat besi
0,6 mg
Vitamin A
1 RE
Vitamin B1
0,07 mg
Vitamin B2
0,04 mg
Vitamin C
20 mg
Niasin
0,7 mg

Selain kaya dengan kandungan gizi, daging buahnya juga memiliki kandungan senyawa sitotoksik yang aktif dan cukup besar lengan berkuasa yaitu acetogenins. Senyawa acetogenins ini dapat berfungsi di dalam tubuh kita untuk menetralkan racun dan anti kanker. Selain acetogenins, senyawa lainnya seperti saponin, polifenol, dan bioflavonoid memiliki khasiat sebagai zat antioksidan alami.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan

Selain memiliki rasa yang enak, buah yang dikenal dengan nama latin Anona muricata Linn dapat membantu memelihara kesehatan, mencegah beragam penyakit, dan mengobati penyakit tertentu. Buah ini juga kaya akan zat antioksidan yang memiliki kegunaan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas di dalam darah. Bahkan, dibeberapa negara ibarat Amerika Selatan dan Karibia menjadikan khasiat buah sirsak sebagai obat alami untuk mengatasi diare dan disentri. Pemanfaatan buah sirsak sebagai obat alami penurun tekanan darah juga di lakukan dibeberapa negara. diantaranya Indonesia, Jamaika, Peru, Malaysia dan India.

Kandungan mineral dan fosfor pada Anona muricata Linn memiliki manfaat penting bagi pembentukan tulang. Sehingga, bagi mereka yang mengkonsumsinya akan terhindar dari penyakit osteoporosis (pengeroposan tulang). Jika kita mengkonsumsi 100 gram daging buahnya dalam bentuk jus atau dikonsumsi langsung, maka kita telah memenuhi 13% angka kebutuhan serat pangan perhari. Sehingga dapat dijadikan sebagai pengganti sayuran.

pernahkah

Selain itu, kandungan vitamin C sebesar 20 mg per 100 gram daging buah sangat baik sebagai zat antioksidan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlambat proses penuaan. Sehingga, buah sirsak dapat membantu anda untuk tampil abadi muda.

Beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan lainnya kami rangkum sebagai berikut :
  • Menangkal radikal bebas
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Mencegah terjadinya penyakit osteoporosis dan radang persendian
  • Menurunkan dan menetralkan kadar asam urat di dalam darah
  • Meringankan migrain atau sakit kepala ringan
  • Meningkatkan daya ingat dan menjaga keseimbangan jaringan saraf tubuh
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Mencegah penyakit anemia
  • Mencegah dan meringankan kram otot
  • Kandungan buah sirsak berupa karbohidrat dan fruktosa dapat memperlihatkan energi tubuh
  • Meningkatkan daya tahan tubuh
  • Sebagai obat alami cacingan
  • Mengatasi dilema busuk tubuh atau keringat berlebih
  • Mengatasi dilema gangguan pencernaan ibarat diare, disentri, membunuh basil jahat di dalam usus dan sebagainya
  • Mengobati penyakit kandung empedu
  • Kandungan serat pada daging buah dapat membantu melancarkan buang air besar
  • Mengatasi dilema ambein (mengecilkan ambein)
  • Sifatnya yang asam dapat membantu menetralkan gula darah. Sehingga, cocok dikonsumsi bagi penderita diabetes
  • Mengurangi resiko serangan jantung
  • Menjaga kelembaban dan kerusakan jaringan kulit. Hal ini berkat kandungan vitamin C pada buah sirsak, sehingga sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang mengalami dilema pada kulit ibarat jerawat, eksim, koreng, kadas dan sebagainya
  • Mencegah penuaan dini
  • Melawan kanker
Hanya dengan menkonsumsi 300 gram daging buahnya, maka kebutuhan vitamin C per orang per hari  atau sebanyak 60 mg telah dapat terpenuhi.. Anda dapat mengkonsumsi buah sirsak dengan cara dibuatkan jus atau dapat dikonsumsi secara langsung. Namun, perlu untuk anda perhatikan semoga membaca dosis penggunaan di bawah artikel ini.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kanker

Sebagian besar orang mungkin tidak menyadari, bahwa khasiat buah sirsak ternyata memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh insan termasuk untuk melawan kanker. Dalam sebuah buku yang kami kutip berjudul "antioksidan alami dan radikal bebas" oleh Winarsi H tahun 2017, menyebutkan kandungan vitamin C pada buah ini dapat dijadikan sumber antioksidan yang potensial.bagi tubuh kita untuk melawan radikal bebas.

Hal ini sangat baik, mengingat ancaman radikal bebas di dalam tubuh yang dapat dapat menyebabkan kerusakan sel-sel jaringan dan enzim-enzim. Selain itu, zat anti oksidan pada Anona muricata Linn mampu menghambat reaksi oksidasi dengan mengikat radikal bebas dan molekul yang sangat reaktif di dalam darah.

Penelitian ilmiah yang dilakukan oleh study Catholic University menemukan senyawa acetogenins pada daging buah sirsak yang dapat membunuh sel - sel gila sekaligus menghambat pertumbuhannya . Efek dari senyawa acetogenins ini sama halnya dengan santunan kemoterapi, hanya saja senyawa ini tidak menganggu sel - sel yang sehat.

Dosis Penggunaan dan Efek Samping

Dibalik manfaatnya yang luar biasa, ternyata mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat menjadikan beberapa efek samping bagi tubuh. Hal itu wajar saja, alasannya yaitu apapun yang kita konsumsi secara berlebihan walaupun itu sebetulnya memperlihatkan nilai manfaat bagi tubuh kita, jikalau berlebihan pasti akan memberikan  dampak buruk bagi tubuh kita. Apa batasannya untuk dapat dikatakan berlebihan ?

Khusus pengobatan ibarat untuk menurunkan kolesterol, asam urat, kadar gula, nyeri persendian atau yang sifatnya menyembuhkan atau mengobati, anda dapat mengkonsumsi jus buah sirsak 2 gelas di waktu pagi dan sore hari dengan dosis penggunaan 3 hari pemakaian. Itu bearti ada waktu 4 hari selama 1 ahad anda tidak mengkonsumsi buah ini. Begitu seterusnya sampai penyakit sembuh.

pernahkah

Sedangkan segala hal yang sifatnya mencegah ibarat untuk menjaga daya tahan tubuh, anda dapat mengkonsumsi buah ini dalam waktu 1 bulan cukup 2 sampai 3 kali saja dengan dosis 1 gelas sekali minum.

Jika dikonsumsi dalam batas tidak wajar, dapat menyebabkan gangguan gerak yang ibarat dengan penyakit Parkinson. Selain itu, kami tidak menganjurkan bagi penderita tekanan darah rendah  atau wanita hamil untuk mengkonsumsi buah ini. Hal ini dikarenakan, jikalau dikonsumsi oleh wanita hamil, dikuatirkan akan menjadikan kontraksi otot dan mengganggu janin dalam rahim alasannya yaitu sifatnya yang asam.

Kemudian, dilarang keras dikala anda mengkonsumsi jus sirsak secara bersamaan dengan minum obat. Hal ini dapat memicu keracunan bagi tubuh alasannya yaitu senyawa aktif pada buah ini akan bereaksi dengan obat yang anda minum. Walaupun memiliki efek samping ibarat yang telah kami sebutkan, anda tak perlu kuatir selama anda mengkonsumsinya dalam batasan normal.